MANDARIN INGGRIS KELILING DALAM DUNIA KERJA UNTUK SMK DI MOJOKERTO

Lucia Geneviave Bella Shinta, Firda Candraningtyas

Abstract


Fakta bahwa perusahaan asing memilih mempekerjakan tenaga kerja asing atau pun pekerja Indonesia yang memiliki keterampilan bahasa asing menjadi permasalahan bagi calon tenaga kerja yang tidak memiliki kualifikasi tersebut. Tuntutan kemampuan berbahasa asing berdampak pada siswa SMK yang akan langsung bekerja setelah menyelesaikan pendidikannya. Keterbatasan dalam pelaksanaan pengajaran bahasa asing di SMK dan kendala biaya untuk mengikuti lembaga kursus menjadi latar belakang program Mandarin Inggris Keliling dengan sasaran pelatihan SMK Pertiwi dan SMK Muhammadiyah 2 Kutorejo yang berada di Kabupaten Mojokerto. Program pelatihan ini bertujuan untuk membekali siswa di SMK sasaran dengan bahasa Mandarin dan bahasa Inggris yang diperlukan dalam dunia kerja yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kesempatan memperoleh kerja di perusahaan asing dan meningkatkan motivasi kerja. Pelatihan dilaksanakan secara daring melalui Google Meet dan Whatsapp. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah metode drilling. Dari pelatihan bahasa Inggris dan bahasa Mandarin selama masing-masing dua pertemuan untuk siswa SMK Pertiwi, diperoleh hasil yang cukup baik. Siswa memiliki antusias yang tinggi dalam pelatihan dan menunjukkan praktik yang dinilai cukup dalam menggunakan berbagai ungkapan yang diperlukan dalam dunia kerja

Keywords


Mandarin, Inggris, dunia kerja, sekolah menengah kejuruan

Full Text:

PDF

References


Tim CNN Indonesia. 2018. Perang Dagang AS-China disebut Bisa Untungkan Indonesia. CNN Indonesia [Online]. https://www.cnnindonesia.com/internasional/20181024125031-106-341020/perang-dagang-as-china-disebut-bisa-untungkan-indonesia diakses pada 2 September 2019.

van der Eng, Pierre. 2018. Mempertanyakan Jumlah Perusahaan China di Indonesia. CNBC Indonesia [Online]. https://www.cnbcindonesia.com/opini/20181212183937-14-46117/mempertanyakan-jumlah-perusahaan-china-di-indonesia diakses pada 1 September 2019.

AmCham Indonesia. Tanpa Tahun. Amcham Indonesia [Online]. https://amcham.or.id/en/pages/amcham-indonesia diakses pada 1 September 2019.

CNN Indonesia. 2019. Kemenaker Nyatakan Jumlah Tenaga Kerja Asing hanya 90 Ribu. CNN Indonesia [Online]). https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190111230814-92-360311/kemenaker-nyatakan-jumlah-tenaga-kerja-asing-hanya-90-ribu diakses pada 1 September 2019.

Sulaiman, M. Reza dan Nodia, Firsta. 2019. Suara.com [Online]. https://www.suara.com/lifestyle/2019/03/28/091500/ingin-kerja-di-perusahaan-multinasional-bahasa-inggris-harus-jago diakses pada 15 Agustus 2020.

Fransiska, R. dan Jurianto. 2016. The Use of Drilling Technique in Teaching English Vocabulary to the Seventh Grade Students of SMP Negeri 2 Tanggulangin. English Department, Universitas Airlangga, Surabaya.

Ahmad, Saed dan Rao, Congman. 2013. Applying Communicative Approach in Teaching English as a Foreign Language: A Case Study of Pakistan. Porta Linguarum, 187-203

Teaching English. Tanpa Tahun. Drilling 1. Teaching English [Online]. https://www.teachingenglish.org.uk/article/drilling-1#:~:text=At%20its%20simplest%2C%20drilling%20means,language%20items%20to%20their%20students. diakses pada 23 Agustus 2020

Permana, Dira, Heri Hidayatullah, dan Nurul Hafizah. 2018. The Effectiveness of Chain Drill Technique in Teaching Speaking Skill. Jurnal Kependidikan Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan Pengajaran dan Pembelajaran, 4(2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.