PELATIHAN KEPENULISAN ILMIAH REMAJA BAGI ANGGOTA OSIS MASS SEBLAK UNTUK PEGUATAN LITERASI MENULIS SANTRI

Masriatus Sholikhah, Fahmi Syahab

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di MA Salafiyah Syafiiyah dengan program pendampingan terhadap siswa aktif yang duduk di kelas X dan XI baik yang menjadi anggota pengurus maupun anggota OSIS aktif biasa dalam kegiatan pelatihan kepenulisan karya ilmiah remaja. Setidaknya didapati 3 masalah utama dalam ekstra jurnalistik yang selama ini dihadapi sebagaimana disampaikan oleh pengurus inti yang meliputi 1) belum maksimalnya pembinaan yang dilakukan kepada para anggota ektra jurnalistik, 2) belum maksimalnya publikasi hasil dari kegiatan ekstra tersebut (selama ini hasil tulisan anggota kegiatan ekstra hanya dipublikasikan melalui majalah dinding), 3) aggota ekstra jurnalistik yang selama ini aktif pada tahun 2020 telah wisuda dan belum ada kaderisasi yang baik untuk siswa kelas X dan kelas XI. Untuk itu perlu adanya perogram pelatihan dan pendampingan ekstra jurnalistik yang berupa pelatihan kepenulisan ilmiah remaja untuk penguatan literasi santri bagi anggota osis kelas X dan kelas XI yang dilakukan dalam 3 tahapan yaitu; 1) memberi wokshop kepada 10 anggpta ekstra jurnalistik tentang kepenulisan karya ilmiah remaja yang meliputi materi pengenalan KIR, mencari ide, outlining, drafting, dan cara publikasi, 2) mendampingi program ekstra jurnalistik selama 2 bulan (hingga mandiri), dan 3) melaksanakan evaluasi ketercapaian program. Berdasarkan hasil pembinaan yang dilakukansecara intensif maka diketahui bahwa dari 10 anggota ekstra jurnalistik ada 7 orang yang cenderung tertarik dengan kepenulisan sastra seperti puisi dan cerpen, sedang 3 lainnya tertarik dengan kepenulisan artikel ilmiah. Adapun dari temuan tersebut sangat penting untuk tetap melaksanakan pembinaan untuk mengasah minat dan bakat yang dimiliki oleh anggota ekstra jurnalistik.

Keywords


Karya Ilmiah Remaja, Klub Menulis, Berfikir Kritis, Literasi Menulis Santri

Full Text:

PDF

References


Wakhidah, N. (2017). Keterampilan Membaca Dan Menulis Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains. https://doi.org/10.31235/osf.io/urs2v

Djaatar, Teuku Zahara. (2001). Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Universitas Negeri Padang.

Fither, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Suhartono. (2014). Pengaruh Kebiasaan Membaca, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Penguasaan Struktur Sintaksis terhadap Keterampilan Menulis Ilmiah. Lentera Pendidikan, 17 (1), 58.

Djiwandono, Soenardi. (2011). Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Malang: Indeks.

DePorter, Bobbi. dkk. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Elaine B. Johnson. (2009). Contextual Teaching & Learning. Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC.

Sudjana. (2005). Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.