stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PELATIHAN PENGELOLAHAN ENCENG GONDOK UNTUK PEMBUATAN BRIKET SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIVE DI DESA BANJARDOWO KEC. JOMBANG | Synthiawati | Prosiding Conference on Research and Community Services

PELATIHAN PENGELOLAHAN ENCENG GONDOK UNTUK PEMBUATAN BRIKET SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIVE DI DESA BANJARDOWO KEC. JOMBANG

Novita Nur Synthiawati, Rahayu Prasetiyo, Arsika Yunarta

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dari Prodi Pendidikan Jasmani STKIP PGRI Jombang yang dilaksanakan pada awal Agustus tanggal 07 - 08 Agustus 2019, bertempat di Desa Banjardowo kabupaten Jombang ini telah memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi warga masyarakat khususnya diwilayah desa Banjardowo kabupaten Jombang mendapat sambutan yang sangat baik dan antusiasme yang tinggi. Sosialisasi pelatihan pembuatan briket dari eceng gondok yang dilaksanakan di Kabupaten Jombang ini merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya populasi udara serta Alasan yang mendasari kegiatan ini adalah karena kami melihat banyaknya tumbuhan enceng gondok yang ada dan dianggap sebagai tumbuhan pengganggu. dibiarkan sampai memenuhi tepian sungai tanpa dimanfaatkan menjadi suatu produk yang bernilai ekonomis, maka dari itu kami ingin membuat suatu produk yang akan menghasilkan suatu keluaran yang akan memberi profit atau keuntungan bagi kami selaku pelaksana kegiatan ini, bentuk atau keluaran yang kami inginkan dari bahan baku enceng gondok berupa briket. Produk ini adalah pengembangan dari pengolahan eceng gondok. Keunggulan yang dimiliki produk ini adalah memanfaatkan eceng gondok sebagai pengganti bahan bakar minyak, keperluan industri selain untuk keperluan rumah tangga, juga untuk pengolahan, pengeringan, pembakaran dan pemanasan.

Keywords


pelatihan, enceng gondok, briket

Full Text:

PDF

References


Saleh, Ahmad, dkk. 2013. Pengembangan Modal Sosial Dan Kewirausahaan Sosial Melalui Posdaya

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta, (2007)

Nurjanah, Siti, dkk., Pemanfaatan Serat Eceng Gondok Sebagai Bahan Komposit Tekstil, Institut Pertanian Bogor, Bogor, (2010)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol