PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT (PHBS) DENGAN PEMAHAMAN BUKU SAKU EDUKASI DI DESA KEMANGSEN SIDOARJO

Acivrida Mega Charisma, Farida Anwari, Nurhidayah Miftahul Jannah

Abstract


Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) merupakan sekumpulan perilaku yang dipratikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang dapat menolong diri sendiri dibidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujukan kesehatan masyarakat. Masyarakat Desa Kemangsen memiliki masalah kesehatan yakni kurangnya wawasan akan pandemi covid-19 di era New Normal dimana masyarakat mengira bahwa dengan diberlakukannya New Normal tidak ada lagi penyebaran virus covid-19. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertempat di RT 04 dan RT 05 Desa Kemangsen Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli – 7 Agustus 2020. Metode pelaksanakan dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan secara door to door kepada masyarakat sesuai dengan protokol kesehatan. Hasil yang didapat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut yakni berupa pemberian kuesioner sebelum dan sesudah dilakukannya penyuluhan. Kuisioner dibagikan ke masyarakat sebelum penyuluhan dengan hasil 18 (36%) dari 50 responden sudah pernah mengikuti penyuluhan mengenai bahaya covid-19, 43 (86%) dari 50 responden sudah mengetahui  pengertian covid-19, 45 (90%) dari 50 responden sudah mengetahui gejala klinis covid-19, 34 (68%) dari 50 responden sudah mengetahui istilah Physical distancing, dan 47 (94%) dari 50 responden sudah mengetahui 6 langkah cara cuci tangan. Dan setelah kegiatan didapatkan hasil : 50 (100%) dari 50 responden mengikuti penyuluhan mengenai bahaya covid-19, pengertian covid-19, sudah mengetahui gejala klinis covid-19, istilah Physical distancing, dan 6 langkah cara cuci tangan. Seluruh masyarakat dengan adanya kegiatan penyuluhan PHBS diharapkan masyarakat dapat menjaga diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Keywords


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Physical Distancing, New Normal, Kemangsen

Full Text:

PDF

References


Notoadmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.

Depkes RI. 2010. Rumah Tangga Sehat Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta : Kemenkes.

Charisma, A. M., Rachma, A. L., Listiany, E., Fernita, N. F., Puspita, N., Musdalifah, U., & Febriari, W. S. (2019). Praktek Pembangunan Kesehatan Masyarakat (Ppkm) Penyuluhan Dan Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Sehat (Phbs) Di Sdn. Mojogeneng Kec. Jatirejo Kab. Mojokerto. Journal of Science and Social Development, 2(2), 96-99.

Suliha, Uha. 2002. Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. Jakarta: EGC Suliha, Uha. 2002. Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. Jakarta: EGC


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.