EMOSI POSITIF DALAM MENGHADAPI ERA NEW NORMAL

Moura Cesari Millennia, . Kustomo

Abstract


Pandemi virus Corona (Covid-19) yang melanda dunia hingga ke Indonesia sejak awal bulan Maret 2020 telah banyak memberikan dampak negatif terhadap semua bidang kehidupan masyarakat Indonesia. Selain itu efek yang timbul akibat pandemi ini tidak hanya pada kesehatan secara fisik saja, namun berefek juga pada psikis atau perasaan manusia. Setidaknya ada tiga efek negatif yang timbul pada psikologi manusia akibat pandemi virus corona ini, yaitu : (1) krisis, (2) uncertainty (ketidakpastian), dan (3) loss of control. Efek negatif tersebut dapat menambah permasalahan membelit sendi-sendi kehidupan. Melihat belum adanya kejelasan kapan pandemi ini akan berakhir, maka solusi terbaik yang dapat dilakukan adalah melaksanakan regulasi Pemerintah tentang pedoman berkehidupan di masa pandemi menuju situasi New Normal. Namun protokol yang diterapkan tidaklah cukup untuk melindungi kesehatan fisik saja, tetapi juga harus diimbangi dengan kesehatan psikis. Dengan emosi positif yang telah dimiliki oleh tiap individu,diharapkan masyarakat lebih siap dalam menghadapi era new normal.

Keywords


Emosi Positif, New Normal

Full Text:

PDF

References


Amir N. 2013. Buku Ajar Psikiatri. Edisi ke-2. Jakarta: FKUI.

Septi Indriati. 2020. Kesejahteraan Psikologis di Era New Normal. Publikasi RSJD Surakarta. https://rsjd-surakarta.jatengprov.go.id. Diakses tanggal 25 Agustus 2020.

Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Sarmadi, Sunedi. 2018. Psikologi Positif. Tirta Sugah: Yogyakarta.

Dewi, Kartika Sari. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. UPT. UNDIP Press: Semarang.

Daulay. Nurul Sakinah. 2017. Emosi Positif Pada Ibu yang Memiliki Anak dengan Ganggunan Spektrum Autis. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol 12 No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.