TETESI PADA BAHAN AJAR TEORI DAN SEJARAH SASTRA

Yunitas Anas Sriwulandari, Ika Oktaviana Purnamasari

Abstract


Pembelajaran pada saat ini tidak hanya terfokus pada ceramah dan diskusi. Pembelajaran berkualitas bergantung dari motivasi kreativitas pengajar, pembelajaran yang memiliki motivasi ditunjang dengan mengajar yang mampu memfasilitasi yang membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Mulai dari pendekatan, metode, media hingga pada soal yang diberikan pada mahasiswa untuk mencapai target. Soal yang disajikan juga menarik untuk diselesaikan, agar pembelajaran tidak monoton. Pembelajaran pada mata kuliah teori dan sejarah sastra adalah mengenal tentang pujangga sastra pada zamannya yang dituangkan dalam tetesi (teka-teki silang) yang diterapkan pada mata kuliah teori dan sejarah sastra. Teka-teki silang dibuat semenarik mungkin untuk pembelajaran mata kuliah teori dan sejarah sastra. Metode penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari borg dan gall menggunakan model pengembangan Research and Development. Penelitian dan pengembangan akan menghasilkan suatu produk yang layak dan menarik, serta memungkinkan untuk diterapkan sebagai sumber belajar peserta didik. Berdasarkan hasil pengembangan menggunakan soal tetesi, menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan untuk berpikir dan siap diimplementasikan pada mata kuliah lainnya.

Keywords


sejarah sastra, tetesi, teori

Full Text:

PDF

References


Hosler, Jai & Boomer. (2011). “Are Comic Books an Effective Way to Engage Nonmajors in Learning and Appreciating Science?”. Journal. Juniata Collage: Department of Biology

Jippes, E.; van Engelen, J.M. L.; Brand, P.L.P. dan Qudkerk, M., (2010), Competency-basedm(CanMEDS) residency training programme in radiology: systematic design procedure, curriculum and success factors, Eur Radiol, 20(4): 967-977.

Jungnickel, P.W., Kelley, K.W., Hammer, D.P., Haines, S.T. dan Marlowe, K.F., (2009), Addressing Competencies for the Future in the Professional Curriculum American, Journal of Pharmaceuticat Education, 73(8):1- 15

Mashudi, Toha dkk, (2007 :3): Pembelajaran di SD. Diakses dari laman web pada tanggal 29 Agustus 2020 Pukul 21.38 WIB dari: http :// masguruonline.wordpress.com/2013/05/20/karakteristik-umum pembelajaran di sekolah dasar/

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya. Kencana Prenada Media Group

Hardini, Isriani dan Puspitasari, Dewi. 2012. Strategi Pembelajaran Tepadu. Yogyakarta: FAMILIA.

Chomsin, Widodo S. dan Jasmadi (2008). Panduan menyusun bahan ajar berbasis kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset.

Surapranata, Sumarna. 2007. Panduan Penu lisan Tes Tertulis Implementasi Kurikukum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Borg & Gall,2003. Education Research. New York : Allyn and Bacon.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.