OPTIMALISASI POTENSI LOKAL SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA JARAK WONOSALAM

Dian Anik Cahyani, Gebi Tri W, Fizna Nurma K, Aprilya Yunita

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memaparkan pemanfaatan salah satu potensi alam serta salah satu upaya untuk mengangkat kebudayaan lokal yang ada di desa Jarak. Pemanfaatan potensi alam berupa pengolahan biji durian menjadi produk olahan keripik biji durian dan salah satu upaya mengangkat kebudayaan lokal berupa karya tulis cerita pendek  mengenai budaya lokal dan tradisi yang ada di desa Jarak yang ditulis oleh siswa dan siswi di desa Jarak. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah observasi (pengamatan langsung kondisi lingkungan dan kegitan perekonomian) , wawancara ( tanya jawab secara langsung kepada staf desa dan masyarakat)  dan dokumentasi (data kependudukan). Sasaran utama dari program ini adalah masyarakat desa. Hasil atau luaran dari program ini yaitu berupa produk olahan keripik biji durian dengan aneka rasa serta buku antologi cerita pendek yang berisikan kumpulan cerita pendek karya siswa dan siswi MA Anjasmoro.

Keywords


optimalisasi, potensi lokal, dan pemberdayaan masyarakat desa

Full Text:

PDF

References


Sumardjo.(1999). Transformasi Model Penyuluhan Pertanian Menuju Pengembangan Kemandirian Petani. Kasus di Propinsi Jawa Barat. Disertasi Doktor Bogor. Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.