PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELESTARIAN CAMPURSARI DAN PENGOLAHAN HASIL PANEN DI DESA WONOKERTO

Eny Suryowati, . Ubab, Vivi Dwi Djayanti

Abstract


Desa Wononerto dalah sebuah desa memiliki permasalahan mengenai kebudayaan kesenian campursari serta tentang mengolah hasil panen menjadi produk yang berdaya jual tinggi yang belum bisa dikembangkan secara maksimal oleh masyarakat. Permasalahan yang ada di masyarakat berfokus pada kurangnya rasa menyadari adanya potensi di sekitar mereka yang mungkin bisa mereka gunakan sebagai sumber daya tambahan yang mungkin bisa berguna bagi masyarakat desaWonokerto. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong empati mahasiswa, dan dapat memberikan sumbangsih  bagi penyelesaian persoalan yang ada di masyarakat. Interaksi antara mahasiswa dengan masyarakat, di satu sisi mahasiswa memperoleh pengetahuan dari masyarakat, dan di sisi lain masyarakat belajar dari mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dalam pembangunan yang berkelanjutan (sustainability development) di wilayahnya. Dalam kaitan ini, secara khusus tujuan kegiatan ini adalah pengembangan kemampuan, kemandirian, keberdayaan, dan produktivitas masyarakat yang bergerak di sektor kebudayaan dan perekonomian. Metode pelaksanaan adalah pendampingan dan penyuluhan dalam bentuk pelatihan pembuatan pelatihan pembuatan cookies dari kopi dan ice cream dari ubi ungu serta pelatihan campursari. Selain itu, juga dilakukan kegiatan pendukung berupa penampilan hasil dari pelatihan Campursari yang dilakukan di Balai desa Wonokerto. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan serta kegiatan pendukung pada masyarakat Desa Wonokerto Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang berdampak pada peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan masyarakat Desa Wonokerto.

Keywords


Pemberdayaan, Campursari, Hasil Panen, Wonokerto

Full Text:

PDF

References


Adiyanto, Okka dkk, 2019, Pemberdayaan Kelompok Pengrajin Kayu Tunas Karya Dusun Gumawang Melalui Program Kemitraan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan, http://seminar.uad.ac.id, diakses tanggal 1 Maret 2020.

Aw, Suranto, dkk, 2013, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Keterampilan dan Produktivitas Usaha Peternakan Berbasis IPTEK, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Djaafar,Titiek F, 2016, Pengembangan Budi Daya Tanaman Garut Dan teknologi Pengolahanya Untuk Mendukung Ketahanan Hasil Pangan, Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pertanian 29 (1)

Natalia, Widayatmoko, 2018, Pelestarian Kebudayaan Peranakan Tionghoa Wayang Potehi melalui Media Digital, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara, Koneksi EISSN 2598 - 0785 Vol. 2, No. 2, Desember 2018, Hal 479-48.

Wiyoso, Joko, 2007, Campursari : Bentuk Akulturasi Budaya Dalam Music, Harmonia Journal Of Arts Research And Education 8 (3), http://www.journal.unnes.ac.id , diakses tanggal 1 Maret 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.