PELESTARIAN KEBUDAYAAN PUNDEN SEBAGAI TRADISI DESA SIDOKATON KUDU, JOMBANG

Tatik Irawati, Erwin Agustin, . Maslukha, Fony Nandasari

Abstract


Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan adat istiadat atau tradisi. Desa Sidokaton, kecamatan Kudu, kabupaten Jombang merupakan salah satu desa yang memiliki tradisi unik yang perlu dilestarikan.  Salah satu tradisi yang masih dilestarikan oleh masyarakat desa Sidokaton adalah tradisi baritan. Acara tersebut dilaksanaka pada hari jum’at pon, jum’at wageh, acara pernikahan, khitanan dan jika ada orang yang nadzar. Baritan adalah sebuah upacara adat yang berkaitan dengan kepercayaan masyarakat setempat dan peristiwa alam. Tujuan diadakan tradisi baritan yaitu untuk ucapan rasa syukur yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa dan untuk menolak balak atau mara bahaya yang akan terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk penghormatan pada warisan leluhur, kearifan lokal melalui program pelestarian budaya Punden dan Baritan. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek sesepuh dan masyarakat desa Sidokaton. Hasil penelitian menujukan bahwa masyarakat desa Sidokaton masih menjujung tinggi adat istiadat. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya tradisi baritan yang diadakan di Punden

Keywords


Tradisi, Punden, Pelestarian

Full Text:

PDF

References


Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta

Setyowati, Anita dan Muhammad Hanif. 2014. Peran Perempuan dalam Upacara Bersih Desa. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JA/article/view/819 diunduh pada tanggal 17 Februari 2020.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.