PENGARUH MATERI PELUANG MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN ANALISIS EKSPERIMEN TAGUCHI

Abd. Mu’thi, . Nurwiani, Syarifatul Maf’ulah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis ada atau tidaknya pengaruh  materi peluang sub materi ruang sampel dan titik sampel melalui pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa yang berdomisili di kampung dan berdomisili di pondok, menganalisis ada atau tidaknya pengaruh  materi peluang sub materi peluang suatu kejadian melalui pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa yang berdomisili di kampung dan berdomisili di pondok, menganalisis ada atau tidaknya pengaruh materi peluang sub materi frekuensi harapan melalui pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa yang berdomisili di kampung dan berdomisili di pondok dan menganalisis materi manakah yang mempunyai pengaruh tertinggi pada pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian  kuantitatif, dengan populasi  siswa kelas VIII-A, VIII-B, VIII-C dan VIII-D  MTsN 4 Jombang tahun pelajaran 2020-2021. Sedangkan teknik sampling yang peneliti  gunakan adalah purposive sample, yaitu siswa kelas VIII-C MTsN 4 Jombang. Alat ukur yang digunakan berupa tes hasil belajar (THB) sub materi sampel dan titik sampel, sub materi peluang suatu kejadian dan  sub materi  frekuensi harapan. Data hasil penelitian dianalisis  menggunakan desain ekperimen Taguchi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh  pembelajaran  materi peluang sub materi ruang sampel dan titik sampel melalui pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa yang berdomisili di kampung dan berdomisili di pondok dengan persen kontribusi sebesar 49,8%; (2) ada pengaruh pembelajaran  materi peluang sub materi peluang suatu kejadian melalui pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa yang berdomisili di kampung dan berdomisili di pondok dengan persen kontribusi sebesar 22,0%; (3) ada pengaruh pembelajaran  materi peluang sub materi frekuensi harapan melalui pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa yang berdomisili di kampung dan berdomisili di pondok dengan persen kontribusi sebesar 2,6%.

Keywords


Materi Peluang, Pembelajaran Berbasis Masalah, Analisis Eksperimen Taguchi

Full Text:

PDF

References


. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Blane, D. and Evans, M., V.C.E. (1989). Problem Solving and Modelling dalam http://mutadi.wordpress.com/, diakses 17 Juni 202.

Djamilah Bondan Widjajanti. (2009). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa Dan Bagaimana Mengembangkannya, prosiding seminar matematika dan Pendidikan matematika”, Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, ISBN : 978-979-16353-3-2.

Mulyono Abdurrahman. (2003). Pendidikan Bagi Anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, (2001). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

_______,(2016), Permendikbud nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sudjana. (2001), Metode Statistika, Bandung: CV.Tarsito

https://jagad.id/pengertian-domisili/. Download 18 nop 2020 pukul 10.35 Wib

Delisle, R. (1997). How to use problem-based learning in the classroom. Alexandria, VA: ASCD.

Ibrahim dan Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Tan dalam Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Arends, R.I. & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning: Becoming an accomplished teacher. New York: Routledge.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan,dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Hamalik, Oemar . (1993). Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya

Siregar, Eveline, Dra., M.Pd. dan Nara, Hartini M.Si. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Desti Ariani. (2012). Orientasi Domisili Masyarakat di Desa Terpencil (Studi Deskriptif di Desa Negeri Gugung Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang)”, (Skripsi). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Medan.

Hanah, Raey. et. al. (2016). “Penggunaan Bahan Manipulatif Untuk Memahamkan Materi Peluang Pada Siswa SMP Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 1. No. 5. 927-939.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. (1992). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Melton Putra.

Soejanto, Irwan. (2009). Desain Eksperimen dengan Metode Taguchi. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif. R&D Bandung:Afabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.