PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK UMAR ZAHID

Dimas Nur Achmada, . Munawaroh

Abstract


Kewirausahaan merupakan salah satu aspek utama dalam pembangunan ekonomi di suatu negara, karena dengan kewirausahaan dapat menjaga kestabilan ekonomi dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui kegiatan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha, pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha serta pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga secara simultan terhadap minat berwirausaha siswa SMK Plus Umar Zahid menggunakan proportional random sampling didapatkan 67 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan angket dan dokumentasi. Setiap variabel diukur dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan uji F, uji t, dan uji determinasi serta menggunakan uji asumsi klasik yang mencangkup uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas. Dari penelitian tersebut, diperoleh hasil Lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, dibuktikan dengan nilai signifikasi 0, 00 < 0,05. Pendidikan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, dibuktikan dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05. Lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, dibuktikan dengan nilai signifikasi 0,00 ≤ 0,05, artinya lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan secara bersama-sama dapat mempengaruhi minat berwirausaha. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan yang baik akan mendukung pelaksanaan peserta didik sesuai dengan yang diharapkan. Semakin baik lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan dapat menumbuhkan minat berwirausahanya. Sebaliknya apabila semakin buruk lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan, maka semakin rendah pula daya tarik peserta didik dalam berwirausaha sehingga tidak dapat menumbuhkan minat berwirausaha peserta didik kelas XII di SMK Plus Umar Zahid.

Keywords


Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Djaali,, 2007.Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartomo, G., 2020. 6,88 Juta Orang Nganggur, Paling Banyak Lulusan SMK. (Online) https://economy.okezone.com/read/2020/05/05/320/2209470/6-88-juta-orang-nganggur-paling-banyak-lulusan-smk diunduh 18 Juli 2021.

Hidayat, N M., & Alfifni,, 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa menjadi entrepneur syariah. Vol 3, No 1.

Inayati, F.E., 2018. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Sikap, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia yang Memiliki Usaha Pribadi). Tesis. Yogyakarta, Indonesia: Universitas Islam Negeri Indonesia

Irda., 2019. Pengaruh Pengetahuan kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Wirausaha Siswa SMK Negeri 1 Makassar. Tesis. Makassar, Indonesia: Universitas Negeri Makassar

Mulyani, E., 2011. Model Pendidikan Kewirausahaan Di Pendidikan Dasar Dan Menengah .vol4:4. Universitas Negeri Yogyakarta.

Munawaroh., 2013. Panduan Memahami Motodologi Penelitian. Malang : Intimedia

Rozak, A dan Hidayati, W.S., 2019. Pengolahan Data Dengan SPSS, Yogyakarta : Erhaka Utama

Soemanto, W., 2008. Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.