ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IVA SDIT AR RUHUL JADID DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA FPB DAN KPK

Wiwik Ernawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk  mendeskripsikan  jenis  kesalahan  siswa berkemampuan sedang dalam  menyelesaikan  soal cerita matematika materi FPB dan KPK. (2) Untuk  mendeskripsikan  jenis  kesalahan  siswa berkemampuan rendah dalam  menyelesaikan  soal cerita matematika materi FPB dan KPK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IVA SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Instrumen penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu instrument utama dan instrument pendukung. Instrumen utama adalah peneliti sendiri dan instrument pendukung adalah lembar tes dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan Reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Jenis kesalahan yang dilakukan subjek yang berkemampuan sedang  dalam menyelesaikan soal cerita FPB dan KPK berdasarkan analisis kesalahan Newman terdiri dari satu kesalahan, yaitu langkah encoding  yakni sudah mampu menentukan jawaban akhir, tetapi untuk kesimpulannya masih salah. (2) Jenis kesalahan yang dilakukan subjek yang berkemampuan rendah  dalam menyelesaikan soal cerita FPB dan KPK berdasarkan analisis kesalahan Newman terdiri dari 4 kesalahan, yaitu langkah comprehension (pemahaman) subjek tidak mampu menjelaskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. Subjek masih bingung soal cerita FPB dan KPK. Kesalahan transformation disebabkan karena subjek kurang memahami materi soal cerita FPB dan KPK dengan baik. kesalahan process skill disebabkan karena subjek kurang menguasai perhitungan pemfaktoran. Kesalahan encoding  merupakan akibat dari kesalahan - kesalahan sebelumnya.

Keywords


Analisis Kesalahan, soal cerita

Full Text:

PDF

References


Adhitya, Y. 2015. Analisis Kesalahan Siswa SMP kelas VII dalam Mmenyelesaikan Masalah Matematika Materi Segiempat ditinjau dari Gaya Belajar. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Budiyono. 2008. Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogia. 11(1): 1-8. Tersedia di eprints.uns.ac.id [diakses 7-1-2018]

Bungin, B. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Haryati, Tuti. 2015. Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Skripsi tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Hartini. 2008. Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita pada kompetensi dasar menemukan sifat dan menghitung besaran-besaran segi empat siswa kelas VII semester II SMP IT Nur Hidayah Surakarta tahun pelajaran 2006/2007. Tesis. Surakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret.

Hidayah K. 2016. Analisis kesulitan menyelesaikan masalah matematika kontekstual materi lingkaran ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VIII SMPN 3 Kartasura tahun ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Hidayat, B.R. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan soal pada Materi Ruang Dimensi Tiga ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Jha, S.K. 2012. Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, Vol II.

Legutko,M. 2008. An Analysis of Students Mathematical Errrors in The Teaching Research Process. Prosiding Handbook of Mathematics Teaching Research. Krakow: University of Krakow

Melani, M. E, Agung Hartoyo dan Dian Ahmad. 2016. Deskripsi Proses PenyelesaianSoal Cerita Materi Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.5,No.9

Moleong, L. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prakitipong, N and Nakamura, S. 2006. Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education. Vol.9,No.1

Singh, P., A. A. Rahman, dan T. S. Hoon. 2010. The newman procedure for analyzing primary four pupils errors on written mathematical tasks: a malaysian perspective. Procedia Social and Behavioral Sciences. (8): 264-271.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.