PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE (WEB BASED LEARNING) MATERI MENULIS PUISI KELAS X MA DARUSSALAM JOMBANG

Dewi Sartika, . Mindaudah

Abstract


Masa pandemi berdampak hampir pada seluruh sektor kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Banyak sekali timbul permasalahan yang terkait dengan pembelajaran, bahkan dari berbagai jenjang sekolah mulai dari sekolah dasar hingga perkuliahan beralih menggunakan pembelajaran online. Sehingga guru harus berinovasi untuk menciptakan model pembelajaran agar sesuai dengan kondisi saat ini. Bahasa Indonesia khususnya dalam keterampilan menulis puisi juga membutuhkan inovasi untuk menunjang kemudahan guru dan siswa ketika menjalankan proses pembelajaran. Untuk itu peneliti menciptakan sebuah inovasi dalam proses pembelajaran yaitu mengembangkan media pembelajaran yang menarik berbasis online Web Based Learning (WBL) untuk materi menulis puisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai penujang dan membantu peserta didik dalam belajar khususnya materi menulis puisi.  Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan  model pengembangan ADDIE, model ini memiliki 5 tahapan pengembangan yakni (1) Analysis, dilakukan dengan menganalisis kebutuhan dan kinerja pembelajaran; (2) Design, merancang pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan; (3) Development, melakukan pengembangan terhadap materi dan media (website) yang digunakan; (4) Implementation, melakukan implementasi dalam bentuk uji coba terhadap peserta didik; (5) Evaluation, melakukan evaluasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kualitas media pembelajaran ini sangat baik, berdasarkan uji validasi materi dan media didapatkan rentang presentase 80%-100%. Efektifitas media pembelajaran dilihat berdasarkan hasil uji T berpasangan dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel (7,701 > 2,056) dengan singnifikansi 0,000 < 0,005, yang mana berarti media efektif untuk digunakan dalam pembelajaran materi puisi.

Keywords


media pembelajaran, web based learning, menulis puisi, ADDIE

Full Text:

PDF

References


. Yulianto, dkk. (2011). Pengembangan Multimedia dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Perolehan Belajar Konsep Puisi di Kelas X SMA. Jurnal Untan (https://jurnal.untan.ac.id) di unduh pada 7 Januari 2021.

. Suherli, dkk. 2017. Buku Guru: Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK Kelas X. Jakarta: Balitbang, Kemendikbud.

. Suastika, dkk. (2014). Strategi Guru dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Banjar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNDIKSHA. (https://ejournal.undiksha.ac.id) diunduh pada 9 Januari 2021.

. Faisal, Abdul H., dkk. (2020). Media Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Aplikasi Android untuk Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan. (www.researchgate.net) diunduh 9 Januari 2021.

. Siahaan, Matdio. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI). (http://repository.ubharajaya.ac.id) diunduh pada 3 Maret 2021.

. Darihastining, dkk. (2021). The Aplication of Online Caricature Momentcam As A Media For Biography Text Writing About Jokowi’s Outstanding Character By Senior High School Students. Jurnal ISLLAC:Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture. Vol. 5 Issue 1.

. Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. Pribadi, Benny A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE. iPusnas (Online), (https://ipusnas.id/), diunduh 10 Januari 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.