ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL DIMENSI TIGA BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR VAN HIELE

Aminudin Juhri, . Nurwiani

Abstract


Kreativitas siswa adalah kemampuan  siswa untuk menciptakan sesuatu  atau mengkombinasikan  karya yang sudah ada.  Kreativitas siswa dapat  diukur dari aspek  kelancaran, keluwesan, kebaruan, dan keterincian. Tingkat berpikir Van Hiele adalah tingkat berpikir untuk menyelesaikann persoalan dalam konteks dimensi tiga yang terdiri dari  1). Tingkat 0: Visualisasi,  2) Tingkat 1 : Analisis, 3) Tingkat 2 : Deduksi informal, 3 : Deduksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kreativitas siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika tertinggi dalam menyelesaikan soal dimensi tiga berdasarkan tingkat berpikir Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dianalisis adalah data yang didapat dari tes tertulis penyelesaian soal dimensi tiga dan hasil wawancara setelah subjek menyelesaika soal dimensi tiga. Penelitian ini menghasilkan diskripsi kreativitas subjek laki laki yang memiliki kemampuan  matematika tertinggi dalam menyelesaikan soal dimensi tiga yaitu subjek  menyelesaian soal dengan lancar dengn menyebut lebih dari satu contoh,  menyelesaikan soal kurang luwes karena hanya menggunakan satu cara saja dalam menyelesaikan soal, menyelesaikan soal dengan caranya sendiri berdasarkan pengetahuannya dari internet, meggunakan rumus untuk menyelesaikann soal dimensi tiga dengan lengkap dan rinci. Subjek perempuan yang memiliki kemampuan  matematika tertinggi dalam menyelesaikan soal dimensi tiga yaitu  menyelesaian soal dengan lancar dengan menyebut lebih dari satu contoh,  menyelesaikan soal dengan luwes karena  menggunakan dua cara dalam menyelesaikan soal, menyelesaikan soal dengan caranya sendiri berdasarkan pengetahuannya dari internet, meggunakan rumus untuk menyelesaikan soal dimensi tiga dengan lengkap dan rinci.


Keywords


Kreativitas siswa, Tingkat berpikir Van Hiele

Full Text:

PDF

References


Mahmudi. A (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Konferensi Nasional Matematika XVUNIMA Manado.

Davita, P.W.C (2019). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Jurnal kreano Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa no.v11i1.2360.

Choiroh, N(2020). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring/ E-Learning Dalam Pandangan Siswa. Jurnal At-Tarbawi. vol 5 no 22 juni 2020 IAIN Surakarta.

Indiyarti. L. (2019). Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian. urnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” Vol. 6_ No. 2

Hidayati. DW. (2019). Apakah Ada Hubungan Antara Kreativitas Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah?. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMU.

Amrina. R (2013). Pengaruh Teori Belajar Van Hiele Terhadaphasil Belajar Geometri Siswa Kelas VII SMP. DU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2013, hlm 42 -5. Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Nurani. NI (2020). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19.

Rahayu. T (2013) Pembelajaran Matematika Berbantuan Miniatur Teenzania Untuk Meningkatkan Karakter Dan Kemampuan Berpikir Kreatif . Journal of Primary Educational PE 2 (2) Unnes Bendan Ngisor, Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.