ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Esty Saraswati Nur Hartiningrum, Yulia Anggraini, . Anzora

Abstract


Kesulitan belajar siswa dapat diidentifikasi melalui kesalahan-kesalahan siswa dalam menjawab soal. Ada banyak cara untuk menganalisis kesalahan atau kesulitan menyelesaikan masalah matematika. Prosedur Pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan Teori Pemecahan Polya.  Langkah – langkah pemecahan masalah polya yaitu memahami masalah  (understanding the problem), menyusun rencana penyelesaian (devising a plan), melaksanakan rencana penyelesaian (carrying out plan) dan memeriksa hasil yang diperoleh (looking back). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa kelas VIII SMP Islam Al Ummah yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika Bangun Ruang Sisi Datar Balok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 3 siswa dari kelas VIII SMP Islam Al-Ummah yaitu 1 siswa berkemampuan matematika tinggi 1 siswa berkemampuan matematika sedang dan 1 siswa berkemampuan matematika rendah. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Peneliti menggunakan triangulasi waktu dan teknik analisis  data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kesulitan siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika pada kesulitan melaksanakan rencana penyelesaian  secara lisan dan tertulis, siswa berkemampuan tinggi kesulitan memeriksa hasil yang diperoleh, siswa berkemampuan tinggi tidak mampu  memeriksa dan menceritakan kembali secara urut langkah dan jawaban penyelesaian. Kesulitan siswa berkemampuan sedang dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika tidak mampu menyatakan apa yang ditanyakan dalam soal, tidak mampu merencanakan rumus dan operasi matematika yang akan digunakan dan menceritakan kembali dengan lengkap mengenai rumus dan operasi matematika yang digunakan dalam penyelesaian soal tersebut, dan tidak mampu  memeriksa dan menceritakan kembali secara urut langkah dan jawaban penyelesaian.

Keywords


Analisis, Kesulitan belajar, Polya

Full Text:

PDF

References


Amiluddin, R & Sugiman. 2016. Pengaruh Problem Posing Dan Pbl Terhadap Prestasi Belajar, Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 3 N. 1, Hal. 100 – 108.

Dwidarti, Ufi., Mampouw, Helti Lygia., Dan Setyadi, Danang. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 03, No. 02, Agustus 2019, Halaman. 315-322.

Fitriatien, Sri Rahmawati. 2019. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 4 Nomor 1 Hal.53-64.

Hasibuan, Eka Khairani. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. Jurnal Axiom. Vol. Vii, No. 1, Hal. 18-30. Januari – Juni 2018.

Jamal, Fakhrul. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas Xi Ipa Sma Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Maju (Jurnal Pendidikan Matematika). Vol. 1, No. 1, Maret-September 2014, Hlm. 18 – 36.

Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar Perspektif, Assesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kemampuan Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 3 Nomor 1. Halaman 51 – 58.

Muttaqin, Muhammad Nuzulul., Wulandari, Suci., Hendrawati, Novita Erni., Susanti, Elly., dan Turmudi. Profil Kemampuan Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Teori Apos. Prosiding Sendika: Vol 5, No 1, Hal. 206-212.

Nari, Nola, dan Musfika, Anton Putra. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematika Peserta Didik. Proceeding International Seminar On Education 2016 Faculty Of Tarbiyah And Teacher Training Iain Batusangkar.

NCTM. 2000. Principles and standards for school mathematics. Author.

Nugraha, Nurlela., Kadarisma, Gida., dan Setiawan, Wahyu. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp Kelas Vii. Journal On Education. Volume 01, No. 02, Februari, hal. 323-334.

Rahmawati, Uni Nurul., Dan Hamdan, Sugiatno. 2017. Kesulitan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 7, No. 8, Hal. 1 – 14.

Sirri, Evi Latifatus., Ratnaningsih, Nani., Dan Mulyani, Eva. 2020. Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Journal Of Authentic Research On Mathematics Education (Jarme). Volume 2, No. 1, Januari 2020, Hal. 46 – 56.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Waskitoningtyas, Rahayu Sri. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 5 No. 1, September 2016 Hlm 24-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.