STUDENTS’ PERCEPTION ON THE USE OF ONLINE LEARNING PLATFORMS IN THE EFL CLASSROOM

Muhammad Farhan Rafi, Siti Naimatus Sholikhah

Abstract


Indonesia dikejutkan dengan datangnya virus yang mematikan yang dijuluki dengan virus COVID-19. Munculnya virus tersebut membawa dampak pada bidang pendidikan. Oleh karena itu, dengan perkembangan teknologi yang luas dengan pemanfaatan platform pembelajaran online untuk menunjang aktifitas pembelajaran yang diubah menjadi pembelajaran online. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menyelidiki persepsi siswa terhadap platform pembelajaran online dalam kelas EFL di prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan fokus khusus pada desain survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Jurusan Bahasa Inggris STKIP PGRI Jombang yang berjumlah 200 siswa yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian ini menggunakan tiga kelas yaitu kelas 2018 A, 2019 A, dan 2020 A yang terdiri dari 104 siswa. Peneliti menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Data dianalisis dengan menggunakan presentase frekuensi. Di penelitian ini, hasil yang diperoleh menunjukkan prosentase (68.46%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif tentang penggunaan platform pembelajaran online dalam kelas EFL di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP PGRI Jombang.

Keywords


Persepsi, Platform Pembelajaran Online, Kelas EFL

Full Text:

PDF

References


Sun L, Tang Y, & Zuo W. (2020). Coronavirus Pushes Education Online. In Coronavirus Pushes Education Onlinne (pp. 687-687). China: Nature Materials.

Knuutila, S. & Karkkainen, P. (2008). Theories of Perception in Medieval and Early Modern Philosophy. Springer, 35-24.

Robbins, & Stephen P. (2010). Organizational Behavior. New Jersey: Prentice Hall.

Bagata, D.T.R., Umamah, A., & Fikri, D. (2020). EFL University Students' Perception of the Use of Online Learning Platform in the COVID-19 Pandemic. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 6=7.

Cakrawati, L. M. (2017). Students' Perception on the Use of Online Learning Platforms in EFL Classroom. Journal of English Language Teaching and Technology, 10-11.

Surani, D. & Hamidah. (2020). Students Perception in Online Class Learning During the Covid-19 Pandemic. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 89-95.

Creswell, & John W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif fan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, & John W. (2013). Qualitatif, Quantitatif, Mixed Methods Approaches. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, & John W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saifuddin, M. F. (2017). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. In Varia Pendidikan (pp. 102-109). Google Scholar.

Al-Khatiri, & F. (2015). Beyond the classroom walls: Edmodo in Saudi secondary school EFL intruction, attitudes and challenges. English Language Teaching, 8 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.