PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI QUIZIZZ DI MAN 9 JOMBANG

Mochammad Ryan Hidayatullah, Kris Yuan Hidayatulloh

Abstract


Penelitian ini dilakukan di MAN 9 Jombang dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif yang berbasis game Edukasi Quizizz dalam mata pelajaran Fiqih. Dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan research and development (RnD) sebagai metode penelitian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Quizizz apakah layak digunakan atau tidak untuk memper mudah pembelajaran pada masa pandemi. Penelitian ini juga dilakukan pada siswa kelas 10 dengan materi khusus Fiqih Zakat. Hasil dalam penelitian ini yang pertama adalah Hasil Validasi Ahli Materi yang menunjukkan total angka 40 dalam kategori Sangat Layak, dan memperoleh rerata skor 13,3 masuk pada kriteria Layak. Yang kedua Hasil Uji Validasi Ahli Media menunjukkan angka total 74 dengan kriteria Sangat Layak dan memiliki rerata skor 24,6 dengan kriteria Sangat Layak. Dan yang terakhir Hasi Uji Cova Siswa dengan rerata total 61,1 dengan kriteria Sangat Layak. Hal ini menunjukkan Pengambangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi Quizizz dalam Mata Pelajaran Fiqih Layak dan dapat dipertahankan sebagai alat pembelajaran.

 


Keywords


Media Pembelajaran, Game Edukasi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Fibby Syaeful, and Tri Nova Hasti Yunianta. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 7(3): 434.

Heriyanto, Aris, Sri Haryani, and Sri Mantini Rahayu S. 2014. “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS EDUCATION GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA.” Chemistry in Education 3(1): 3. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/1638 (August 22, 2021).

Maulana, Muhammad Sahidin Rizal. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Role Playing Pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ungaran __ __________ ___ _ __ __ _______ _____ ___ _ __ ____ _.” Ekp 13(3): 7.

Nurhabibie f.yusli. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Untuk Belajar Mandiri Pada Kompetensi Dasar Hidrolik Dan Komponen Hidrolik Siswa SMK Negeri 3 Wonosari.”

Prof. Dr. A Muri Yusuf, M.Pd. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan.” Kencana 4(3): 57. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150 (August 22, 2021).

Veras, Renato Peixoto. 2012. Экономика Региона “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash.”

Yudasmara, Gede Ari, and Desi Purnami. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Belajar Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 48(1–3): 1–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.