PENGEMBANGAN KARAKTER TANGGUNGJAWAB REMAJA DI DESA

Selvi Mellenia Putri, Diah Puji Nali Brata

Abstract


Remaja diera globalisasi, salah satu masalahnya adalah kurang memiliki karakter tanggungjawab, karakter tanggungjawab penting dimiliki agar para remaja tidak terjebak kedalam pergaulan yang bebas. Salah satu hal yang dapat dilakukan guna membentuk karakter tanggung jawab pada remaja adalah dengan mengikuti organisasi yang ada di desa. Organisasi kemasyarakatan yang bisa diikuti oleh remaja adalah oganisasi karang taruna. Organisasi tersebut diperuntukkan untuk remaja agar para remaja bisa memiliki karakter tanggungjawab pada dirinya. Tujuan dari penelitian adalah (1) untuk mendeskripsikan kondisi remaja, (2) Untuk medeskripsikan peran karang taruna dalam mewujudkan karakter tanggungjawab pada remaja, (3) untuk mendeskripsikan dampak peran karang taruna dalam mewujudkan karakter tanggungjawab pada remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) kondisi remaja adalah rata-rata remaja lulusan SMP dan SMA, adanya hal tersebut mata pencaharian yang banyak dipilih masyarakat dengan membuka usaha mandiri dan bekerja sebagai karyawan pabrik. (2) peran karang taruna dalam menumbuhkan  tanggungjawab antara lain (a)  Mengajak para remaja untuk berperan aktif dalam organisasi Karang Taruna,dan (b) Menanamkan sikap disiplin.  (3) dampak peran karang taruna pada remaja yaitu (a) menambah teman dan saling mengenal satu sama lain, (b) anggota karang taruna dihormati dan dipercaya oleh masyarakat desa, dan (c) mampu menjaga amanat dari orang lain yang berikan. Pentingnya pembahasan topik peran karang taruna dalam mengembangkan karakter tanggungjawab remaja desa keplaksari adalah untuk mengetahui bagaimana peran karang taruna dalam terwujudnya karakter tanggungjawab pada remaja.


Keywords


Karang Taruna, Remaja, Tanggungjawab

Full Text:

PDF

References


Ashardi. 2018. Peran Karang Taruna Dalam Mengembangkan Kesadaran Moral Pemuda Di Desa Timbuseng Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. (Online), (http://repository.uin-alauddin.ac.id/) diakses 27 Mei 2021.

Oktawati. 2017. Kenakalan Remaja Di Desa Sungai Paku (Studi Kasusus Smp 4 Kampar Kiri Kabupaten Kampar). (Online), (https://media.neliti.com/) diakses 01 Juli 2021.

Laoza, W. 2019. Peran Karang Taruna Dalam Membentuk Moral Remaja Di Kelurahan Rajabasa Bandar Lampung. (Online), (http://repository.radenintan.ac.id/) diakses 05 April 2021.

Juriah. 2016. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMAN 1 Pelepat Ilir. (Online), (http://jurnal.untirta.ac.id/) diakses 05 April 2021.

Peraturan Menteri Sosial Nomor 25 Tahun 2019 Tentang Organisasi Karang Taruna.

Pratama dan Rahmat. 2018. Peran karang taruna dalam mewujudkan tanggung jawab sosial pemuda sebagai gerakan warga negara. (Online), (https://journal.uny.ac.id/) diakses 05 April 2021.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Brata. 2020. The implementation of Problem Based Learning (PBL) to develop student’s soft-skills. (Online), (https://iopscience.iop.org/) diakses 15 Agustus 2021.

Rizkia, dkk. 2015. Peran Tokoh Masyarakat Dalam Pembentukan Kepribadian Remaja Di Desa Penyeladi Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggu. (Online), (http://download.garuda.ristekdikti.go.id/) diakses pada 21 Agustus 2021.

Nurhayati. 2015. Pengaruh Kondisi Ekonomi Terhadap Tingkat Pendidikan Anak Di Desa Sinar Tebudak Kecamatan Tujuh Belas. (Online), (https://media.neliti.com/) diakses pada 21 Agustus 2021.

Nasrikin dan Nanik. 2016. Peran Karang Taruna Dalam Pembentukan Sikap Nasionalisme Remaja Desa Pulorejo Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto. (Online), (https://core.ac.uk/) diakses 09 April 2021.

Angkasawati. 2019. Partisipasi Pemuda Dalam Karang Taruna Desa (Studi Di Desa Ngubalan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung). (Online), (https://journal.unita.ac.id/) diakses pada 21 Agustus 2021.

Tamamah dan Brata. 2019. Dampak Penguatan Karakter Cinta Tanah Air Di Sma Negeri Plandaan. (Online), (https://scholar.google.com/) diakses pada 22 Agustus 2021.

Qodriyah. 2017. Studi Komparasi Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Tahfids dan Kelas 1 Reguler di MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto Tahun 2016/2017. (Online), (http://repository.stitradenwijaya.ac.id/) diakses pada 21 Agustus 2021.

Rahmad. 2017. Hubungan Penerimaan Diri (Self Acceptance) Dengan Kualitas Pertemanan Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Uin Suska Riau. (Online), (Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/) Diakses pada 22 Agustus 2021.

Hidayatullah. 2016. Peranan Karang Taruna Dalam Upaya Pembinaan Karakter Generasi Muda Desa Balukang II Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala. (Online), (http://jurnal.untad.ac.id/) diakses 05 April 2021.

Agung dan Desma. 2016. Pengukuran Konsep Amanah Dalam Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. (Online), (https://media.neliti.com/media/) Diakses Pada 21 Agustus 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.