PROFIL KARAKTER SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

. Sulikah, Wiwin Sri Hidayati, Abd. Rozak

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakter siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah  dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bilangan bulat. Subyek dalam penelitian ini adalah  siswa MTs kelas VII sebanyak 3 orang dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dari hasil nilai PAT (Penilaian Akhir Tahun). intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi. Data diperoleh dari tes kemampuan matematika dan wawancara. Tes ini terdiri dari lima kategori berfikir kreatif: keaslian, kelancaran, keluwesan, penguraian dan perumusan kembali dengan langkah pemecahan masalah Membaca dan berfikir, Ekplorasi dan merencanakan,memilih stategi, mencari jawaban dan Refleksi dan pengembangan.  Penelitian dilakukan di MTsN 4 Mojokerto, kelas VII-D tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  siswa  dengan kemampuan berbeda maka hasil yang diperoleh beda pula yaitu :  kemampuan matematika tinggi memiliki kemampuan berfikir kreatif pada keaslian, kelancaran, keluwesan, penguraian dan perumusan kembali. Siswa  dengan kemampuan matematika sedang memiliki kemampuan berfikir kreatif pada keaslian, keluwesan dan penguraian. Siswa  dengan kemampuan matematika rendah memiliki kemampuan berfikir kreatif pada keluwesan saja.


Keywords


Karakter kreatif, Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Matematika

Full Text:

PDF

References


Ali, A.M. (2018). Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasinya). Prenadamedia Jakarta.

Creswell, J.W. (2019). Research Desing (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Harris, R. (1998). Introduction to Creative Thinking. [Online] Tersedia: http://www.virtualsalt.com/crebook1.htm. [7 Maret 2007]

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Salahudin, A & Alkrienciehie, I.(2013). Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa). Pustaka Setia bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian kualitatif. Alfabeta Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.