ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MEDIA TASICOTG BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Nur Ida Hasanatin, Wiwin Sri Hidayati, Rifa Nurmilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kreativitas siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam mengimplementasikan media TaSiCoTg dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri. Indikator kreativiats siswa dalam penelitian ini antara lain (1) kelancaran (fluency), (2) kelenturan (flexibility), (3) keaslian (originality), dan (4) keterincian (elaboration) yang akan peneliti kriteriakan berdasar indikator Munandar (2008).Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Tes, dan 2) Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek kemampuan tinggi: menyebutkan sudut dan menentukan nilai-nilai sudut dengan tepat, menggunakan media TaSiCoTg, menghitung dengan cepat serta mencari alterntaif untuk mengerjakan soal, menggunakan dua acara yang berbeda dan menyeleseikan soal dengan sangat rinci. Subyek kemampuan sedang : menyebutkan sudut dan menentukan nilai-nilai sudut dengan tepat menggunakan media TaSiCoTg, menjawab soal dengan menggunakan satu cara, menggunaan rumus dengan tepat dan menyelesaikan soal dengan dengan rinci. Subyek kemampuan rendah : menyebutkan sudut-sudut, menetukan nilai sudut dengan menggunakan media TaSiCoTg. Tetapi dalam menetukan nilai sudut terjadi kesalahan menghitung menggunakan media TaSiCoTg dan menyelesaikan soal sangat terperinci.


Keywords


Kreativitas siswa, Media TaSiCoTG, Kemampuan Matematika

Full Text:

PDF

References


Aris (2010:12). Analisis Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah

Matematika Berdasarkan TingkatKemampuan Matematika Di Kelas. (Online), (http://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/3478 Diunduh 28 Pebruari 2021, 03:53

Endah Purwati ( Guru SMA Negeri 2 Blitar). Permainan Domino Trigonometri Sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika SMA

Hudojo, H. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. IKIP Malang,

Pembelajaran Matematika dengan Problem Posing Abdussakir, 13 Februari 2009.

Johan Subur. Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3, No. 1, Januari 2019, hal. 61-70 P-ISSN: 2579- 9827, E-ISSN: 2580-2216. Subur, J. 2016.

Kusno, Muvida Indah Kusuma. 2017. Media Pop Up Kubus dan Balok Untuk SMP. Journal of Mathematics Education.

Latifah Tazkiyatunnisa, Rika Mulyati Mustika Sari.Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika Jurnal Pendidikan Matematika Vol.3, No. 1, Januari 2019, hal. 61-70 P-ISSN: 2579-9827, E-ISSN: 258022167

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Partia Iswanti, Riyadi, dan Budi Usodo. 2017. AnalisisTingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Peeserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas X Matematika

Riadi, Muchlisin. 2013. Pengertian Metode Drill. http://www.kajianpustaka.com/2013/11/metode-pembelajaran-drill.html. diakses tanggal 20 Januari 2021 pukul 10.30.

Richardo, Rino, dkk. 2014. Tingkat Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 2, No, 2, (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id, Diunduh 1 Maret 2021,07:49).

Sujono(1988:5).Mipa Dasar (definisi matematika) by wahidpermai on February 24, 2013.

Suparmin, Aditya Nur Rachman. Buku Siswa Matematika SMA Kelas X

Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu alam.Mediatama , Surakarta 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.