BUNISHING BUREAUCRACY SYSTEM DALAM PENCEGAHAN KORUPSI, KOLUSI, DAN NEPOTISME (KKN)

Bambang Martin Baru, Sripeni Rusbiyanti, Retno Iswati

Abstract


Korupsi birokratis sampai saat ini belum mampu dituntaskan, karena masih banyak kasus korupsi yang menjerat pejabat publik baik ditingkat pusat, daerah dan bahkan di desa. Terdapat dua faktor yang menonjol sebagai penyebab maraknya praktek korupsi birokratis, yaitu: faktor manusia, dan faktor sistem. Faktor manusia menunjukkan bahwa setiap pegawai publik harus memiliki moralitas dan integritas yang tinggi untuk selalu menjalankan tugas pelayanan publik dengan baik. Sedangkan faktor sistem, menyangkut prosedur yang dimungkinkan untuk meminimalisir terjadinya potensi penyimpangan dengan memanfaatkan ITI dalam proses pelayanan publik. Untuk itu, diperlukan penataan sistem birokrasi yang kredibel dengan orientasi capaian kinerja yang efektif dan efisien. Banishing Bureaucracy System sebagai strategi dalam membangun pemerintahan yang bersih, bebas dari unsur korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), berupa program meredifinikan secara jelas visi, misi, tujuan dan fungsi utama pemerintah yaitu melayani masyarakat dengan mengedepankan perubahan dan dinamika sosial. Lima strategi perubahan sistem birokrasi itu, adalah: Strategi inti (centre strategy), Strategi konsekuensi (consequency strategy), Strategi pelanggan (customer strategy), dan Strategi budaya (cultural strategy)


Keywords


Birokrasi, Bunishing Bureaucracy System, KKN.

Full Text:

PDF

References


Dwiyanto, Agus, et.al, 2006, Mewujudkan Good Geovernance Melalui. Pelayanan Public. UGM Press, Yogyakarta.

Evi Hartanti, 2009, Modul Prajabatan: Percepatan Pemberantasan Korupsi, Lembaga Administrasi Negara - Republik Indonesia, Jakarta.

Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. ,Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

www.bappenas.go.id/.../bab-14-penciptaan-tata-pemerintahan-yang-bersih-dan-berwibawa.pdf

triwidodowutomo.blogspot.com › str...

https://natuurlijkpersoon.wordpress.com › ...).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.