POLA ASUH ORANGTUA DAN PENGGUNAAN GADGET DALAM PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK SEKOLAH DI TENGAH PANDEMI COVID 19

Fifin Dwi Purwaningtyas, Aironi Zuroidah, Nita Nilam Sari, Nina Permei Sela

Abstract


Penelitian ini berdasarkan fenomena yang sering terjadi, khususnya di Surabaya, selama ini orang tua jarang memantau penggunaan gadget oleh anak. Umumnya gadget hanya digunakan untuk bermain game dan menonton, sehingga dominasi penggunaan gadget dapat berdampak negatif pada anak. Ditambah dengan penggunaan gadget yang terlalu lama terutama di tengah pandemi covid-19 saat ini, membuat perkembangan psikososial berdampak negatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial pada anak sekolah. Jenis penelitian  menggunakan  penelitian  kuantitatif.  Dengan  sampel sebanyak 200 orangtua. Hasil penelitian ini bahwa ada pengaruh antara Pola Asuh Orang Tua, Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Psikososial, hal ini dapat dilihat bahwa R-hitung (0,854) > dari r-tabel 5% = ( 0,117) adalah signifika, demikian juga  berdasarkan hasil pengujian dengan uji F (secara Simultan)  dengan α = 5 % maka dapat diketahui bahwa Pola Asuh Orang Tua, Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Psikosial. Oleh karena F hitung > F Tabel yaitu 239,075 > 2,64 atau statistik uji jatuh pada daerah penolakan H0 maka H0 ditolak dan Hi diterima. Hal ini juga diperkuat dengan tingkat signifikansi 0,00 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara Pola Asuh Orangtua dan Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial di Tengah Pandemi Covid 19 untuk Anak Sekolah.

Keywords


Pola Asuh Orangtua, Penggunaan Gadget, Perkembangan Psikososial

Full Text:

PDF

References


APJII. (2020). Siaran Pers: Pengguna Internet Indonesia Hampir Tembus 200 Juta di 2019 – Q2 2020.

Chen, C.-Y., & Chang, S.-L. (2008). An Exploration of the Tendency to Online Game Addiction Due to User’s Liking of Design Features. Asian Journal of Health and Information Sciences.

Katadata. (2020). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Capai 196,7 Juta. Katadata.Co.Id.

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Manumpil, B., Ismanto, A., & Onibala, F. (2015). HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN TINGKAT PRESTASI SISWA DI SMA NEGERI 9 MANADO. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(2).

Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.16

Yusuf, O. Y. H., & Amin, L. O. A. S. Al. (2020). Teori Perkembangan Sosial/Psikososial Erik Homberger Erikson. Jurnal Idrus Qaimuddin, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.