PERAN SOSIAL PETANI PEREMPUAN

Rona Pusvita, Diah Puji Nali Brata

Abstract


Peran perempuan sangat penting dalam masyarakat . Perempuan saat ini memainkan peran ganda. Masuknya perempuan ke dunia publik memberikan peran tersendiri, perempuan dapat memaknai peran yang dimiliki di masyarakat, dan dapat diterapkan dalam keluarga. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan profil petani perempuan, (2) untuk mendeskripsikan peran ganda petani perempuan, (3) untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi peran sosial petani perempuan, (4) untuk mendeskripsikan dampak dari peran sosial petani perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) profil pendidikan petani perempuan di dominasi lulusan SMP dan SMA. Adanya hal tersebut menjadi alasan perempuan hanya bekerja sebagai buruh tani dan jika membuka usaha tidak mempunyai modal yang cukup, (2) peran ganda petani perempuan ada dua yaitu peran publik dan peran domestik (3) faktor yang mempengaruhi peran sosial petani perempuan ada dua yaitu faktor ekonomi dan faktor lingkungan, dan (4) dampak dari peran sosial petani perempuan ada dua yaitu dampak fisik dan dampak ekonomi. Pentingnya pembahasan mengenai topik peran sosial petani perempuan bagi masyarakat dapat memberikan informasi untuk lebih mengenal peran sosial perempuan yang bekerja sebagai petani juga memiliki kedudukan sebagai makhluk individu dan sosial yang memiliki hak dan dapat memutuskan keinginannya sendiri sesuai dengan individu masing-masing.


Keywords


Peran sosial, peran perempuan, peran ganda

Full Text:

PDF

References


Aswiyati, I. Peran Wanita Dalam Menunjang Perekonomian Rumah Tangga Keluarga Petani Tradisional Untuk Penanggulangan Kemiskinan Di Desa Kuwil Kecamatan Kalawat, (Online), (https://ejournal.unsrat.ac.id), diakses 09 Juli 2021.

Brata, DPN. 2020. Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk mengembangkan softskill siswa, (Online), (https://iopscience.iop.org), diakses 14 Agustus 2021.

Fauziah, N. 2019. Profil Petani Karet Desa Bumiarjo Makmur Kecamatan Lempuing Kabupaten Oki Provinsi Sumatera Selatan, (Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id), diakses 01 Juli 2021.

Hidayah, N. 2019. Peran Petani Perempuan Dalam Pengelolaan Produksi Pertanian Di Desa Sukodadi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, (Online), (http://eprints.walisongo.ac.id), diakses 14 Agustus 2021.

Hidayati, N. 2015. Beban Ganda Perempuan Bekerja (Antara Domestik dan Publik), (Online), (http://e-journal.iainpekalongan.ac.id), diakses 01 Juli 2021.

Khaerany, N. 2019. Peran Ganda Perempuan Pada Keluarga Petani Desa Pallantikang Kabupaten Gowa, (Online), (http://eprints.unm.ac.id), diakses 05 April 2021.

Manembu, A. 2017. Peranan Perempuan Dalam Pembangunan Masyarakat Desa (Suatu Studi di Desa Maumbi Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara), (Online), (https://ejournal.unsrat.ac.id), diakses 27 Mei 2021.

Prabowo, dkk. 2015. Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak, (Online), (https://iptek.its.ac.id), diakses 27 Mei 2021.

Ramadani, N. 2016. Implikasi Peran Ganda Perempuan Dalam Kehidupan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat, (Online), (https://ejournal.upi.edu), diakses 09 Juli 2021.

Rohmah, 2017. Peran Wanita Tani Dalam Menunjang Perekonomian Rumah Tangga Keluarga Petani, (Online), (https://journal.unita.ac.id), diakses 05 April 2021.

Sinaga, I. 2018. Peran Ganda Petani Perempuan Dalam Sosial Ekonomi Keluarga Di Desa Sigalingging Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi, (Online), (http://repositori.usu.ac.id), diakses 27 Mei 2021.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, 2018. Partisipasi Petani pada Usahatani Padi, Jagung, dan Kedelai Perspektif Gender, (Online), (https://journal.ipb.ac.id), diakses 01 Juli 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.