STRATEGI KESANTUNAN POSITIF DALAM TALK SHOW VIDEO TANGGAPAN TREVOR NOAH TRUMP TERHADAP VIRUS CORONA

Sulfi Yulia Eka Putri, Muhammad Saibani Wiyanto

Abstract


Judul penelitian ini adalah Strategi Kesantunan Positif dalam Video Talk Show Trevor Noah "Tanggapan Trump terhadap Virus Corona Mengungkapkan Kurangnya Kepemimpinannya".  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis strategi kesantunan positif yang digunakan oleh pembicara (pembawa acara) dan nara sumber untuk menanggapi dan mengungkapkan dalam percakapan.  Data dalam penelitian ini dapat melalui observasi langsung video talk show Trevor Noah “Tanggapan Trump terhadap Virus Corona Mengungkap Kekurangan Kepemimpinannya” dan merekam percakapan yang mengandung strategi kesantunan positif.  Data yang terkumpul akan diidentifikasi, diklarifikasi, dan dianalisis secara kualitatif.  Courtesy Theory oleh Brown dan Levinson (1987) digunakan untuk menganalisis data.  Hasil analisis ditemukan 11 data dengan menggunakan teori dari Brown & Levinson (1987).  Diantaranya ada 1 data dari Pemberitahuan;  Menghadiri H (minatnya, kebutuhannya, keinginannya dan kebaikannya), 3 data dari Intensive interest to H, 3 data dari Exaggerate (persetujuan, simpati dengan pendengar), 2 data dari Avoid Disagreement, 2 data dari Joke.


Keywords


Strategi Kesantunan Positif, Talk Show, Sosiolinguistik

Full Text:

PDF

References


Brown, P., Levinson, S. C., & Levinson, S. C. (1987). Politeness: Some universals in language usage (Vol. 4). Cambridge university press.

Holmes, J. (2013). An Introduction to Sociolinguistic, Fourth Edition. New York: Routledge.

Putra, G. D., Parthama, I. G. N., & Soethama, P. L. Positive Politeness Strategies Used by Characters in an Animation Movie Script Entitled “Finding Dory”.

Pradnyani, N. L. P. B., Budiarsa, M., & Sudana, I. (2017). Positive Politeness Strategies in Animation Movie “Home” Directed By Tim Johnson. Jurnal Humanis, 19(1), 198-205.

Wati, N. L. H. R., & Puspani, I. A. M. Positive Politeness Strategies Used by the Character in the Movie The Patriot.

Wardhaugh, R. (2006). An Introduction to Sociolinguistics FIFTH EDITION. Oxford: Blackwell Publishing Ltd.

Wiyanto, M. S. (2020). Using Speech Function On EFL Classroom. English Education Journal of English Teaching and Research , 143-148.

Wiyanto, M. S. & Asmorobangun, P. W (2020). Gender Differences Of Students’ Ability In Writing Descriptive Text. JOLLT Journal of Languages and Language Teaching 7(2) 153-161. DOI: https://doi.org/10.33394/jollt.v%vi%i.2314


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.