PENGARUH LITERASI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PGRI JOMBANG

Miftah Taufiq, Nanik Sri Setyani

Abstract


Teknologi informasi dari masa ke masa selalu mengalami inovasi dan kemajuan.  Ditengah maraknya pengguna media sosial dari masa ke masa, semakin banyak pula bisnis dan pekerjaan yang telah dilakukan melalui media sosial. Media sosial bagi Mahasiswa STKIP PGRI Jombang merupakan hal yang penting dan sudah menjadi kebutuhan dalam berkomunikasi maupun menjalankan aktifitas dan tingkat penggunaan media sosial yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi sebanyak 86 mahasiswa yang berasal dari mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 Program Studi Pendidikan Ekonomi. Menentukan jumlah sampel dengan menggunakan proposional random sampling didapatkan 76 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan angket kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi liniear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh Literasi Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan STKIP PGRI Jombang


Keywords


Literasi Media Sosial, Minat Berwirausaha

Full Text:

PDF

References


European Commission.2009: Study on assessment Criteria for Media Literacy levels, brussels

Maryono, Y dan Istiana, B. Patmi. 2007.Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta: Yudhistira.

Kasmir. 2014. Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Press

Mopangga, Herwin. 2014. Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Trikonomika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.