PELATIHAN PEMBUATAN UJIAN ATAU KUIS ONLINE BAGI MAHASISWA MICRO TEACHING

Muhammad Farhan Rafi, Ima Chusnul Chotimah, Faisol Hamid

Abstract


Ketercapaian siswa dalam memahami suatu mata pelajaran bisa dilihat dari nilai mereka. Nilai tersebut berasal dari tes, kuis, ulangan atau ujian dari bapak ibu guru. Sejak pandemi covid-19 semua jenis kegiatan proses belajar mengajar dilaksanakan secara daring begitu juga proses penilaian siswa. STKIP PGRI Jombang mempunyai program Micro Teaching bagi mahasiswa semester VI. Salah satu kegiatannya adalah latihan mengajar termasuk latihan memberikan kuis, ulangan dan ujian kepada siswa. Permasalahan yang terjadi pada mahasiswa Micro Teaching adalah rendahnya pengetahuan atau penggunaan aplikasi online dalam penilaian siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penilaian online dengan menggunakan platform Google Form bagi mahasiswa Micro Teaching khususnya mahasiswa prodi pendidikan Bahasa Inggris. Pelatihan ini telah dilaksanakan secara daring melalui platform berupa Zoom dengan kegiatan sebagai berikut: pembuatan grup WA, penyampaian materi dengan presentasi, diskusi dan Tanya jawab dan melakukan praktik pembuatan penilaian online dengan menggunakan Google form. Pelatihan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa Micro Teaching tentang penggunaan aplikasi penilaian online dengan menggunakan Google form.


Keywords


Pelatihan, Google Form, Mahasiswa Micro Teaching

Full Text:

PDF

References


. Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

. Batubara, H., H. (2016). “Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen Di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari”. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 8. 1, 39-50.

. Nugroho, A. S. (2018). Pengembangan Ulangan Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Google Form. Jurnal SITECH: Sistem Informasi dan Teknologi, 1(2), 89-94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.