PENDAMPINGAN BELAJAR KOMPUTER SEBAGAI UPAYA MENAMBAH WAWASAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DARING

Muhammad Amirul Aziz, Ama Noor Fikrati, . Chalimah

Abstract


Kurangnya pengetahuan tentang penggunaan teknologi menjadi salah satu kendala yang banyak dijumpai dalam proses pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Untuk mengatasi hal tersebut telah dilakukan pelatihan dan pendampingan bimbingan komputer kepada anak-anak di Dusun Nepen Desa Krecek Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa pengenalan teknologi infomasi kepada anak-anak usia sekolah di dusun Nepen dapat membantu proses pembelajaran anak pada masa pandemi Covid-19 dan mempersiapkan generasi muda yang melek akan teknologi. Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah anak-anak usia sekolah di dusun Nepen, yang dilaksanakan dalam bentuk pendampingan. Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 3 tahap yaitu persiapan awal, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam proses bimbingan dilaksanakan dalam 2 sesi, sesi 1 materi Microsoft Word dan sesi 2 materi tentang penggunaan komputer secara umum yaitu penggunaan teknologi informasi untuk membantu proses pelaksanaan pembelajaran pada masa pademi Covid-19. Berdasarkan kegiatan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa pengenalan teknologi informasi pada anak usia sekolah melalui pemberian dasar teknologi informasi (komputer) pada siswa dapat membantu dalam memahami penggunaan teknologi informasi lebih maksimal, terutama sebagai sarana penunjang proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19.


Keywords


Teknologi, daring, covid-19, pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References


. Munawaroh dkk,. 2020. Pedomon Pelaksanaan KKN Tematik DR-DT 2020 STKIP PGRI Jombang. Jombang: P3M STKIP PGRI Jombang.

. Komalasari, R. 2020. Manfaat Teknologi Informasi & Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19. TEMATIK: Jurnal Teknologi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19. Volume 7. Nomor 1:38-49.

. Juliati, E. & Umurohmi, U. 2021. Peran Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 di UPT SDN 1 Marga Karya. Prosiding At-Ta’dib STIT Pringsewu. Maret. Volume 3. Nomor 3.

. Salsabila, dkk,. 2020. Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. Vol. 17 No. 2: 188-198. (Online) https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah diakses Pada 22 Februari 2021.

. Shofa, F.M. & Hanik, E.U. 2020. Pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 pada Jenjang Sekolah Dasar. Fashluna: Jurnal Pendidikan Dasar dan Keagamaan. Volume 1. Nomor 2: 16-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.