PELATIHAN DAN PENYERAHAN MESIN BRAILLE DENGAN FITUR SUARA DI BALAI LITERASI BRAILLE INDONESIA ABIYOSO BANDUNG

Moch. Bagus Indrastata P, Annisa Putri Pratama

Abstract


Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso, Bandung merupakan salah satu unit pelaksanaan teknis kementrian sosial republik Indonesia yang bertugas dalam pengelolaan literasi braille. Dilihat dari fungsi dan karakteristiknya, BLBI menjadi pusat rujukan nasional dan menajadi laboratirium untuk mengembangkan braille lingkup nasional. Hal ini menjadikan BLBI sebagai pusat percetakan huruf braille dan dibukukan untuk disebarkan ke seluruh sekolah luar biasa tunanetra (SLB-A) di Indonesia. Saat ini BLBI Abiyoso mememiliki banyak mesin cetak braille embosser dengan merk Brailo Norway dan Braille Box mulai dari kapasitas 200, 300, 400, sampai 600 karakter per detik. Mesin-mesin ini memiliki harga cukup mahal karena merupakan mesin impor. Apabila terjadi kerusakan maka membutuhkan waktu yang cukup lama, karena harus memanggil teknisi dari luar negeri. Biaya yang dikeluarkan dalam perbaikan mesinpun cukup mahal yaitu minimal 30 juta. Kemudian dengan adanya pandemi COVID-19 menyebabkan ruang gerak terbatas untuk mendatangkan teknisi dari luar negeri. Selain itu terdapat staf tunanetra yang sering kesulitan dalam mencari tombol untuk mencetak pada mesin tersebut. Olehkarena itu, pengambdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan serta penyerahan mesin braille dengan fitur suara di BLBI Abiyoso, Bandung. Mesin ini merupakan mesin buatan dalam negeri dengan kualitas tidak kalah dengan buatan luar negeri. Apabila terjadi kerusakan perbaikan lebih mudah dan biaya lebih terjangkau dikarenakan teknisi yang berasal dari dalam negeri. Dengan adanya fitur suara juga akan memudahkan staff tunanetra mengoperasikannya. Metode yang digunakan yaitu penyerahan dan pelatihan menggukan mesin. Hasil dari pengmas ini yaitu mesin sampai dengan selamat di lokasi mitra serta seluruh staff BLBI Abiyoso dapat mengoperasikannya. Dengan demikian BLBI Abiyoso memiliki mesin cetak huruf braille dari dalam negeri dan seluruh staff dapat mengoperasikannya, serta perawatan mesin yang mudah, dengan harga perbaikan yang terjangkau

Keywords


BLBI Abiyoso, Fitur Suara, Mesin Braille, Tunanetra

Full Text:

PDF

References


. Statistik, Badan Pusat. 2019. Statistik Persekolahan SLB 2019/2020. Kota Tangerang Selatan: Pusdatin Kemendikbud.

. “Profil Balai.” Profil Balai | BALAI LITERASI BRAILLE INDONESIA (BLBI) ABIYOSO. Accessed August 24, 2021. https://bpbiabiyoso.kemsos.go.id/ar/Profil/topic/7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.