IMPLEMENTASI APLIKASI BELAJAR SISWA PLUS UNTUK MENGATASI MASALAH PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN KARAKTER DI MASA PANDEMI

Shefa Dwijayanti Ramadani, Agus Budiyono, Masdukil Makruf

Abstract


Pandemi Covid-19 yang dialami secara global telah menyebabkan banyak masalah pada berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali pada dunia pendidikan. Institusi pendidikan yang belum menguasai integrasi Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) dalam pengajaran mengalami tantangan dan hambatan besar ketika harus melaksanakan sistem pembelajaran secara online. Sementara itu, sebagian anak bangsa yang memiliki kebutuhan khusus telah memiliki keterbatasan alamiah yang menghambat proses belajarnya, dan semakin terpuruk dengan kondisi pembelajaran secara online.  Metode yang digunakan dalam melaksanakan program ini mengadopsi beberapa tahapan penelitian pengembangan yang disesuaikan dengan tahapan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa guru telah memiliki pemahaman yang tinggi terhadap penggunaan aplikasi Siswa Plus dengan rerata skor sebesar 88,07. Dengan demikian, guru diharapkan mampu memberikan layanan pembelajaran online secara berkualitas dan menarik bagi siswa berkebutuhan khusus.


Keywords


pembelajaran online, covid-19, sekolah luar biasa

Full Text:

PDF

References


D. Pandey and P. S. Sharma, “Distance Learning in Higher Education during Pandemic: Challenges and Opportunities Management of Technology Enhanced Learning in Higher Education: A Study from Students Perspective in Chhattisgarh View project,” Artic. Int. J. Indian Psychol., vol. 8, no. 2, pp. 25–28, 2020, doi: 10.25215/0802.204.

Rasmitadila et al., “The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia,” J. Ethn. Cult. Stud., vol. 7, no. 2, pp. 90–109, 2020, doi: 10.29333/ejecs/388.

J. M. R. Asio, “Spearheading education during the COVID-19 rife: Administrators level of digital competence and schools readiness on distance learning,” J. Pedagog. Sociol. Psychol., vol. 3, no. 1, pp. 19–26, 2021, doi: 10.33902/jpsp.2021364728.

R. Olanrewaju, A. Corresponding, and J. E. Jerry, “Barriers to special needs education in nigeria,” Int. J. Educ. Res., vol. 2, no. 11, pp. 451–462, 2014.

D. Effendi, “Program Aplikasi Pembelajaran Ipa Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Siswa Kelas V Sdlb Bagian B ( Tuna Rungu ) Berbasis Multimedia,” Semin. Nasionaldan ExpoTeknik Elektro2014, no. September, pp. 5–10, 2014.

A. Sahlan and P. A. Teguh, Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

I. Vieira, A. P. Lopes, and F. Soares, “The Potential Benefits of Using Videos in Higher Education,” EDULEARN14 CD Proc., no. July, pp. 750–756, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.