PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI MELALUI PEMANFAATAN SISA SAYURAN SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR

Welly Herman

Abstract


Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang teknologi yang tepat guna untuk mengasi berbagai permasalahan. Salahh satu bentuk teknologi yang diterapkan yaitu pembuatan pupuk organik cair berbahan dasar sisa sayuran.  Kegiatan dilaksanakan bermitra dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Rezeki Bersama yang beranggota aktif 25 orang di Kelurahan Beringin Raya, Kota Bengkulu. Kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan tentang pembuatan pupuk organik cair berbahan dasar sisa sayuran menggunakan alat komposter sederhana. Pelaksaaan kegiatan pengabdian terbatas dikarenkan kondisi pandemi covid-19 sehingga dilaksanakan tidak secara berkelompok. Dari kegiatan yang telah dilaksanakan diperoleh adanya pemahaman tentang teknologi pembuatan pupuk organik dan dihasilkannya produk yang bernilai guna yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik bagi tanaman yang ramah lingkungan dan ekonomis.


Keywords


Kelompok Wanita Tani; Pupuk Organik Cair; Sisa Sayuran

Full Text:

PDF

References


. Thias, W. A. (2020). Fungsi Kelompok Wanita Tani (Kwt) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pengusaha Jamur Tiram Di Dusun Iii Desa Marga Agung Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.