GOOGLE DRIVE MEMBANTUKU MENUJU DARING SUKSES (MDS) DI SDN JARAK 1 JOGOROTO

Luluk Zuliatin

Abstract


Permendikbud nomor 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah dengan beban pokok kepala sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas pokok manajerial, pengembangan kewirausahaan dan supervise kepada guru dan tenaga kependudukan.  Disituasi   saat   ini   adanya   penyebaran   virus   Corona   yang   menyebabkan   penyakit Coronavirus Disease (Covid-19) berdampak pada semua aspek kehidupan, salah satunya di bidang pendidikan. Sejak virus ini menyebar sampai di Indonesia pada awal Maret, berbagai langkah dilakukan untuk mencegah penyebarannya. Menyikapi penyebaran virus Corona yang cepat ini, BDR merupakan sebuah proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dan guru di rumah masing-masing. Dengan BDR ini, diharapkan akan memutus rantai penyebaran penyakit Covid-19. Selama BDR siswa dihimbau untuk tetap melakukan semua aktivitas di rumah dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Dengan tetap beraktivitas dari rumah, siswa otomatis akan menjaga jarak dengan orang lain (physical distancing) dan menghindari kerumunan orang (social distancing). Di sekolah SDN Jarak1 mengadakan IHT untuk  memberikan pembekalan pada para pendidikan menghadapi pembelajaran online agar dapat tercapai secara optimal. Materi yang dipilih adalah pemanfaatan GOOGLE  DRIVE, tujuan upaya ini adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan Google Drive dalam Kegiatan Guru MDS ( Menuju  Daring  Sukses)  di SDN Jarak 1 Jogoroto.  Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan google drive dapat membantu memudahkan  guru maupun walimurid yang mendampingi putranya dalam pembelajaran Daring di Rumah dan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas yang baik sebagai managerial: (1) Tugas pokok  kepala sekolah khusus bidang kewirausahaan,  perlu pembekalan dalam menghadapi pembelajaran  dengan melaksanakan IHT Optimalisasi Pemanfaatan Google Drive dalam kegiatan  MDS  (Menuju Daring  Sukses) (2)Pembelajaran guru MDS (Menuju Daring Sukses) diperlukan optimalisasi penggunaan google drive untuk mempermudah menyimpanan  dan pengaksesan materi maupun tugas dalam daring.


Keywords


Kepala Sekolah, Pemanfaatan Google Drive, Menuju Daring Sukses

Full Text:

PDF

References


. Anugerah Ayu Sedari, 2019. Liputan 6: Tujuh fungsi Google Drive yang tidak hanya menyimpan. 7 Fungsi Google Drive, Tak Hanya Sekadar Menyimpan File - Tekno Liputan6.com

. Abdullah Munir, 2008. Menjadi Kepala Sekolah Efektif, Yogyakarta: Ar Ruzz Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.