PROFIL KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN JENIS KELAMIN

Ichda Nur Fitria Fatmi

Abstract


Pengorganisasian berpikir matematika siswa dapat melalui komunikasi matematika baik secara lisan (verbal) maupun tulisan (nonverbal). Komunikasi matematika juga sangat terkait dengan kemampuan pemecahan masalah. Sebab, kemampuan memecahkan masalah adalah tujuan utama dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil komunikasi matematika tulis dan lisan siswa laki-laki dan perempuan dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa laki-laki dan perempuan kelas X MIA di MAN 4 Jombang. Instrumen penelitian yaitu tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Data yang diperoleh ditriangulasi waktu. Analisis data meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan profil komunikasi matematika tulis subjek laki-laki dalam pemecahan masalah SPLTV yaitu membuat model matematika menggunakan simbol matematika, menyajikan dan menggambarkan masalah kedalam cara, strategi, perhitungan menggunakan simbol matematika, serta menggeneralisasi jawaban. Sedangkan profil komunikasi matematika tulis subjek perempuan dalam memecahkan masalah SPLTV yaitu membuat model matematika menggunakan simbol matematika, menyajikan dan menggambarkan masalah kedalam cara, strategi, perhitungan menggunakan simbol matematika, serta menggeneralisasi jawaban menggunakan simbol matematika. Selanjutnya, profil komunikasi matematika lisan subjek laki-laki dalam pemecahan masalah SPLTV yaitu menyampaikan identifikasi masalah kedalam bahasa dan cara yang mudah dipahami dan dimengerti, strategi dan pehitungan penyelesaian serta generalisasi jawaban menggunakan simbol matematika. Sedangkan, profil komunikasi matematika lisan subjek perempuan dalam memecahkan masalah SPLTV yaitu menyampaikan identifikasi masalah kedalam bahasa dan cara yang mudah dipahami dan dimengerti tanpa menggunakan simbol matematika, strategi dan pehitungan penyelesaian serta generalisasi jawaban menggunakan simbol matematika.


Keywords


Komunikasi Matematika Tulis, Komunikasi Matematika Lisan, Pemecahan Masalah Krulik dan Rudnik

Full Text:

PDF

References


. Handayani, T. Sugiarti. (2002). Konsep dan teknik penelitian gender.

. Hidayati, W. S. (2014, August). Atribut Soft Skill untuk Mahasiswa Calon Guru Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 5, No. 1, pp. 277-292).

. Purnomo, E. A., & Mawarsari, V. D. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran ideal problem solving berbasis project based learning. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 1(1).

. Santrock, J. (2010). W.(2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Offset.

. Umar, W. (2012). Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 1(1), 1-9.

. Wahyudin. (2016). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran (Pelengkap Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.