PENGEMBANGAN SOAL ASESMEN KEMAMPUAN MINIMUM (AKM) OLEH GURU MA AL-ASY’ARI KERAS DIWEK JOMBANG

Afi Ni’amah, Masriatus Sholikhah

Abstract


Peluncuran AKM sebagai dampak dari pandemi cukup menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat. Hal tersebut bukan hanya disebabkan oleh paradigma nilai UN sebagai patokan kelulusan peserta didik, melainkan juga karena konsep AN sebagai pengganti UN yang belum dipahami oleh masyasakat. Pada dasarnya, AN merupakan kebijakan yang sesuai untuk diterapkan mengingat proses pembelajaran selama pandemic juga berbeda dengan sebelumnya. Kesesuaian tersebut dibuktikan oleh Aisah, Zaqiah, dan Supiana (2021) yang meneliti respon orangtua dan wali peserta didik terhadap sosialisasi AKM. Dengan menggunakan tiga instrument, hasil penelitian menunjukkan bahwa para orangtua atau wali peserta didik dapat menerima implementasi kebijakan AKM. Penelitian ini bertujuan menganalisis soal AKM yang dikembangkan oleh para guru, khususnya dewan guru MA Al-Asyari Keras Diwek Jombang. Hasil penelitian ini ditujukan untuk menambah wawasan masyarakat, khususnya para tenaga pendidik supaya memahami AKM dan mampu mengimplementasikannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan lembar observasi dan questionnaire sebagai instrumennya. Data yang berupa butir soal AKM dicocokkan dengan komponen AKM dan dianalisis dengan mempertimbangkan kesesuaiannya dengan hasil lembar observasi.  Adapun hasil dari penelitian ini adalah para dewan guru di MA Al-asyari memiliki keinginan yang tingi untuk belajar dan semangat tinggi untuk mengikuti perubahan. Meski belum semua memahami bagaimana proses pembuatan soal dan model pembelajaran dengan model AKM, dan masih sedikit yang mengerti tentang dasar pembuatan soal AKM merupakan taksonomi Barrets sehingga menyebabkan  mereka membutuhkan pelatihan dan pendampingan dari pihak terkait mengenai implementasi pembelajaran dengan kurikulum yang sesuai dengan konsep AKM. Namun, hampir semua setuju bahwa penerapan AKM dalam sistem AN adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran nasional sehingga semua dewan guru berkeinginan untuk menerapkan konsep AKM dalam proses pembelajaran dan juga bagian dari proses asesmen atau penilaian.


Keywords


Ujian Nasional, Asesmen Nasional, soal AKM

Full Text:

PDF

References


. Zaini, M. (2011). Kebijakan Ujian Nasional Kajian Kritis Politik Pendidikan. Jurnal Salam, 13(1).

. Sudrajat, D. (2019). Asesmen Pembelajaran Bahasa Inggris: Model dan Pengukurannya. Jurnal Intelegensia, 4(1), 1-20

. Aisah, H., Zagiah, Q., & Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Kebijakan AKM. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 128-135

. Novita, N., Mellyzar, & Herizar. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 172-179.

. Anas, M., Muchson, M., Sugiono, & Forijati, R. (2021). Pengembangann kemampuan guru ekonomi di Kediri melalui kegiatan pelatihan asesmen kompetensi minimun (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 48-57.

. Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan.

. Julaeha, S., Sapriati, A. (2016). Pengembangan Model Asesmen Kemampuan Mengajar Mahasiswa-guru di FKIP Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan, 17(2), 81-92

. Mardhiyyah, L.A., Rusilowati, A., Linuwih, S. (2016). Pengembangan Instrumen asesmen Literasi Sains Tema Energi. Journal of Primary Education, 5(2), 147-154

. Pantiwati, Y. (2017). Kemampuan Literasi dan Teknik Asesmen Literasi. Prosiding Seminar Nasional III, 28-33 Universitas Muhammadiyah Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.