REVITALISASI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK REKONSTRUKSI STRATEGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI ERA DAN PASCA PANDEMI COVID-19

. Asmuni

Abstract


Penutupan sementara lembaga pendidikan sebagai upaya menahan penyebaran pendemi COVID-19 di seluruh dunia berdampak pada jutaan pelajar, tidak kecuali di Indonesia. Gangguan dalam proses belajar langsung antara siswa dan guru dan pembatalan penilaian belajar berdampak pada psikologis anak didik dan menurunnya kualitas keterampilan siswa. Beban itu merupakan tanggung jawab semua elemen pendidikan khususnya negara dalam memfasilitasi kelangsungan sekolah bagi semua steakholders pendidikan guna melakukan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana mestinya Indonesia merencanakan, mempersiapkan, dan mengatasi pemulihan COVID 19, untuk menekan kerugian dunia pendidikan di masa mendatang. Hasil penelitian merekomendasikan perlu merekonstruksi model pendidikan dan pembelajaran dengan revitalisasi pemikiran dan sistem pendidikan Ki Hajar Dewantara, terutama ketujuh azas pendidikan dan sistem ‘among’-nya. 

Keywords


Ki Hajar Dewantara, Covid-19, strategi pendidikan, strategi pembelajaran

References


Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 107-115.

Asmuni & Nana, 2011. Sejarah Pendidikan di Indonesia: Pasca Kemerdekaan Hingga Era Reformasi. (Makalah Diskusi Pendidikan Karakter). Surakarta: PPs-UNS Prodi Ilmu Pendidikan.

Azanella, L. A. (2020 Juni). Update Virus Corona Dunia 30 Juni: 10,3 Juta Orang Terinfeksi (editor: I. D. Wedhaswary). (Online), diakses 10 Juli 2020, dari https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/30/083000065/update-virus-corona-dunia-30-juni--10-3-juta-orang-terinfeksi-26-negara-0?page=all.

Baharin, R. & Halal, R. (2020). Impact of Human Resource Investment on Labor Productivity in Indonesia. Iranian Journal of Management Studies, 13(1), p. 139–164.

Carlsson, M., Dahl, G.B., Ockert, B., and Rooth, D. (2015), The Effect of Schooling on Cognitive Skills. Review of Economics and Statistics, 97(3), p. 533-547.

Dwiarso, P. (2008 Maret). Sistem Among Mendidik Sikap Merdeka Lahir-batin. (Online), diakses 9 Mei 2012 dari http://tamansiswa.org/publikasi-mainmenu-29/pijar-mainmenu-37/34.

Jonsson, B., Waling, M., Olafsdottir, A. S., Lagström, H., Wergedahl, H., Olsson, C., … Hörnell, A. (2017), The effect of schooling on basic cognition in selected nordic countries, Europe’s Journal of Psychology, 13(4), p. 645–666. https://doi.org/10.5964/ejop.v13i4.1339

Lavy, V. (2015). Do Differences in Schools, Instrution Time Explain International Achievement Gaps? Evidence from Developed and Developing Countries. Economics Journal 125.

Muaddab, H. (2011). Pendidikan Karakter: Revitalisasi Pemikiran Ki Hajar Dewantara (Refleksi Hari Pendidikan Nasional). (Online), diakses 7 Mei 2012 dari http:// hafismuaddab.wordpress.com/2011/05/02/pendidikan-karakter-revitalisasi-pemikiran-ki-hajar-dewantara-refleksi-hari-pendidikan-nasional.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi.

Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan RI) Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 3 April 2020. Diundangkan di Jakarta pada tanggal 3 April 2020. Berita Negara RI Tahun 2020 Nomor 326.

Piaget, J. (1954). The Construction of Reality in the Child. New York: Ballantine Books.

Piopiunik, M., Schwerdt, G., Simon, L., and Woessman, L. (2020), Skill, signals and employability: An experimental investigation. Europan Economic Review 123: 103374

PP (Peraturan Pemerintah RI) Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Wrus Disease 2019 (COVID-19). Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 31 Maret 2O20. Diundangkan di Jakarta pada tanggal 31 Maret 2O20, Lembaran Negara RI Tahun 2020 Nomor 91.

Riyanto, Theo. 2010. Pendidikan yang Humanis. (Online), diakses 7 Mei 2012 dari http://bruderfic.or.id/ h-60/pendidikan-yang-humanis.html.

Soeratman, D. (1985). Ki Hajar Dewantara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suwariyanto, T. (1998). The Educational Philosophy of Ki Hajar Dewantara: Naturalistic and Humanistic Education in Analitical Comparison, (Thesis). Manila, De la Salle University.

Takwin, B. (2007 Desember). Konstruktivisme dalam Pemikiran Ki Hajar Dewantara. (Online), diakses 8 Mei 2012 dari http://tamansiswa.org/publikasi-mainmenu-29/pusara-mainmenu-38/23.

Wangid, M. N. (2009). Sistem Among pada Masa Kini: Kajian Konsep dan Praktik Pendidikan. Jurnal kependidikan, 39 (2), 129-140.

WHO (2020 March). WHO Director-General's opening remarks at the media briefing on COVID-19 - 11 March 2020. (Online), retrieved 25 March 2020 from https://www.who.int/dg/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-covid-19---11-march-2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.