PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ELECTRONIC PROBLEM BASED LEARNING (E-PBL) PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

Munawaroh ., Nanik Sri Setyani, Lina Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pendekatan pembelajaran CTL berbasis model E-PBL pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Nganjuk yang dapat meningkatkan motivasi dan life skill serta kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Penelitian ini dirancang sebagai studi pengembangan dan dilakukan dalam 4 fase, yaitu fase yang meliputi define, design, develop, dan disebarluaskan. Perancangan ini juga melibatkan para ahli untuk memvalidasi pengembangan pendekatan pembelajaran kewirausahaan melalui model E-PBL untuk menghasilkan masukan bagi produksi buku teks kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan formulir observasi aktivitas siswa, tes tertulis dan angket. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Nganjuk, dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif eksploratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi dari ahli mata kuliah kewirausahaan dan tim ahli desain pembelajaran layak diterapkan dalam pembelajaran mata kuliah kewirausahaan. Hasil pengembangan pembelajaran kewirausahaan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual melalui model  Electronic Problem Based Learning (E-PBL) akan membentuk sikap kewirausahaan dan kompetensi soft skill mahasiswa dalam kemampuan pemecahan masalah pada mata kuliah kewirausahaan.


Keywords


Mata Kuliah Kewirausahaan, Pendekatan

Full Text:

PDF

References


Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka , 2020, Penerbit , Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI

Cao, C., & Meng, Q. (2020). Exploring personality traits as predictors of English achievement and global competence among Chinese university students: English learning motivation as the moderator. Learning and Individual Differences, 77, 101814. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2019.101814

Hu, X., & McGeown, S. (2020). Exploring the relationship between foreign language motivation and achievement among primary school students learning English in China. System, 89, 102199. https://doi.org/10.1016/j.system.2020.102199

Abrantes, J. L., Seabra, C., & Lages, L. F. (2007). Pedagogical affect, student interest, and learning performance. Journal of Business Research, 60(9), 960–964. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2006.10.026

Barrows, Howard S and Lynda, Wee Keng Neo, 2007, Principle and Practice of APBL Singapore: Prentice Hall

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi (Study of Student Achievement in Various Aspects and Influencing Factors). Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif (Effective Learning Innovation). Yrma Widya.

Basrowi. (2014). Pengantar Sosiologi (Introduction to Sociology). Ghalia Indonesia.

Hasril Amiruddin, M. (2015). The Effects of a Mastery Learning Strategy on Knowledge Acquisition Among Aboriginal Students: An Experimental Approach. International Journal of Vocational Education and Training Research, 1(2), 22. https://doi.org/10.11648/j.ijvetr.20150102.12

Antonio, T., Lanawati, S., Wiriana, T. A., & Christina, L. (2014). Correlations Creativity, Intelligence, Personality, and Entrepreneurship Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 115(Iicies 2013), 251–257. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.433

Ashtian Mohammad Jafarabadi Mansoor Nomanof Bahram Sadeghi Bigham. (2012). Computer as Mathematics Facilitator in Problem Based Learning. J Am Sci, 8(9), 436–441. https://doi.org/10.7537/marsjas080912.61

Huang, K. & Wang, T. 2012. Applying problem-based learning (PBL) in University English translation

H.S. Barrows and A.C. Myers, (1993). “Problem-Based Learning in Secondary Schools”, Unpublished monograph, Springfield, IL: poblem-Based Learning Institute, Lanphier High School and Southern Illinois University Medical School,

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Riduwan. 2003. Skala Pengukuran Variable-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabet

Sudjama. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Puskur, 2004, Model Pengembangan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Sudijono, Anas. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.