stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
TINDAK TUTUR DEKLARASI DALAM PODCAST DEDDY CORBUZIER EPISODE LUHUT BINSAR PANJAITAN-TES PCR BERPOTENSI BISNIS | Hidayah | Prosiding Conference on Research and Community Services

TINDAK TUTUR DEKLARASI DALAM PODCAST DEDDY CORBUZIER EPISODE LUHUT BINSAR PANJAITAN-TES PCR BERPOTENSI BISNIS

Angga Wahyu Hidayah, Heny Sulistyowati

Abstract


Penelitian pragmatik mengenai tindak tutur deklarasi dalam podcast Deddy Corbuzier Episode Luhut Binsar Panjaitan - Tes PCR Berpotensi Bisnis dilatarbelakangi bahwa bahasa sebagai unsur pokok dalam informasi di media massa. Pragmatik merupakan kajian dari bahasa. Manfaat belajar bahasa melalui kajian pragmatik adalah seseorang dapat bertutur kata dengan lawan tuturnya mengenai makna yang dimaksudkan dengan memunculkan suatu tindakan yang disebut tindak tutur. Tindak tutur deklarasi menggambarkan situasi sosial, sangat cocok jika dihubungkan dengan podcast yang dijadikan objek penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan tindak tutur deklarasi bentuk dan fungsi dalam podcast Deddy Corbuzier episode Luhut Binsar Panjaitan – Tes PCR Berpotensi Bisnis. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan yang berfokus pada makna, deskripsi, penjernihan, dan penempatan data pada koteknya. Sumber data dalam penelitian ini adalah podcast Deddy Corbuzier pada chanel youtube Deddy Corbuzier. Pengumpukan data dilakukan dengan langkah observasi, dokumentasi, pemutaran video, transkip data, menandai data, kodefikasi, tabulasi. Analisis data dilakukan dengan langkah deskripsi data, analisis data, menyimpulkan. Hasil dalam penelitian ini berupa: (1) bentuk tindak tutur deklarasi (2) fungsi tindak tutur deklarasi. Bentuk tindak tutur deklarasi betupa: (a) bentuk memutuskan, (b) bentuk melarang, (c) bentuk mengizinkan, (d) bentuk membatalkan. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai gambaran dan alternatif dalam penelitian selanjutnya maupun untuk pembelajaran mengenai tindak tutur.

Keywords


tindak tutur, deklarasi, bentuk

Full Text:

PDF

References


. Chaer, Abdul. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.

. Wahyuni, S. T., & Retnowaty, R. (2018). Tindak Tutur Ilokusi Pada Cantion Akun Islami dan Instagram. Jurnal Basataka, (Online), 1(2), 11-18. (http://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id), diunduh 06 November 2021.

. Djajasudarma, Fatimah. (2010). Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung, Indonesia: Refika Aditama.

. Mahsun. (2014). Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta, Indonesia: Raja Grafindo Persada.

. Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.

. Kanal Youtube Deddy Corbuzier. (2021). “Luhut Binsar Panjaitan-PCR”, https://www.youtu.be./vzoisKflJJk, diakses pada 10 Desember 2021 pukul 13.15


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol