EVALUATING RESPONSES ON INDEPENDENT LEARNING CURRICULUM PRESENTED BY MINISTER OF EDUCATION

Chalimah .

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi respon masyarakat terkait implementasi kurikulum merdeka belajar karena masyarakat memiliki banyak kontribusi untuk mensukseskan implementasi kurikulum merdeka belajar. Studi ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan analisis tekstual menggunakan teori linguistic sistemik fungsional: judgment. Temuan menunjukkan bahwa masyarakat cenderung menerima implementasi kurikulum merdeka belajar dikaji dari data tenacity (59%) yang menunjukkan kepercayaan masyarakat pada kurikulum merdeka belajar untuk menciptakan pendidikan yang lebih baik, data normality (23%) yang menunjukkan kurikulum merdeka belajar diasumsikan dapat menghadapi tantangan kemajuan era digital, data capacity (7%) yang menunjukkan kurikulum merdeka belajar dipandang sebagai peluang untuk meningkatkan pendidikan, dan data propriety (76%) menunjukkan kurikulum merdeka belajar dipuji karena memfasilitasi guru dan siswa untuk merdeka

Keywords


penilaian respon, kurikulum merdeka belajar, judgment

Full Text:

PDF

References


. Permendikbud No. 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

. Permendikbud No. 4 Tahun 2020 Tentang Perubahan Perguruan Tinggi Negeri Menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum

. Permendikbud No. 5 Tahun 2020 Tentang Program Akreditasi

. Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q.Y., Erihadiana, M, 2022. Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal. Vol 4, No. 1, 34-41.

. Alnaji, A.O. 2022. Curriculum Planning Model in General Education. Journal of Curriculum and Teaching. Vol. 11, No. 5, 275-288.

. Munajim, A., Barnawi., Fikriyah. 2020. Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa Darurat. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik. Vol 4, No. 2, 285-291.

. Asy’ari. A., Hamami, T. 2020. Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam. Vol 3, No. 1, 19-34.

. Salimi, L., Ghonoodi, A. 2011. The Study of Comparison of Curriculum in Smart and Traditional School. Procedia Social and Behavioral Sciences. 15, 3059-3062.

. Birney, L., McNamara, D.M. 2022. The Curriculum and Community Environmental Restoration Science (STEM + Computer Science) Remote Learning Curriculum Use and Evaluation. Journal of Curriculum and Teaching. Vol 11, No. 5, 252-263.

. Lingga., M. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP LKIA Pontianak. Skripsi. FKIP, Universitas Tanjungpura Pontianak.

. Owan, V.J., Emanghe, E.E., Denwigwe, C.P., Eyo, E.E., Usoro, A.A., Ebuara, V.O., Effiong, C., Ogar, J.O., Bassey, A. 2022. Curriculum Management and Graduate Programmes Viability: The Mediation of Institutional Effectiveness Using PLS-SEM Approach. Journal of Curriculum and Teaching. Vol. 11, No. 5, 114-127.

. Rahmawati, A.S. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah I Surakarta. Skripsi. FKIP, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

. Agustin, R.S., Puro, S. 2016. Strategy of Curriculum Development Based on Project Based Learning (Case Study: SMAN 1 Tanta Tanjung Tabalong South of Kalimantan). Prosiding ICTTE FKIP UNS. Vol 1, No. 1, 202-206.

. Wen Su, S. 2012. The Various Concepts of Curriculum and the Factors Involved in Curricula Making. Journal of Language Teaching and Research. Vol 3, No. 1, 153-158.

. Gupta, S., Dutta, P.K. 2019. Topic Objective and Outcome: Performance Indicators in Knowledge Transfer through in Depth Curriculum Content Analysis. Procedia Computer Science. Vol 172, 331-336.

. Sulaeman, S.2016. Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 terhadap Kualitas Hasil Belajar Siswa SMPN 2 Pandawai Kabupaten Sumba Timur NTT. Skripsi. FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

. Nguyen, T.T., Budke, A. 2022. Significance of Argumentation Tasks in Viatnamese Geography Textbooks Following the Competency Based Curriculum Reform. Journal of Curriculum and Teaching, Vol 11, No. 5, 28-40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.