stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK PADA SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) | Hidayat | Prosiding Conference on Research and Community Services

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK PADA SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)

Mokhamad Farid Hidayat, Wiwin Sri Hidayati

Abstract


Kemampuan berpikir kritis  sangat berperan dalam suatu  kegiatan pembelajaran. Karakteristik dalam berpikir kritis idealnya memiliki beberapa kriteria atau elemen dasar yaitu Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity and Overview atau disingkat FRISCO. Soal HOTS merupakan soal dengan situasi nyata yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dalam permasalahan yang konstektual. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru SMK Darul Ulum Kepuhdoko (Mitra), permasalahan yang dihadapi mitra adalah kemampuan berpikir kritis yang masih rendah dan kurang maksimalnya guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Penelitian ini berusaha menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu menurut perspektif peneliti. Subjek pada penelitian ini adalah 1 siswa dengan kemampuan tinggi dan 1 siswa dengan kemampuan sedang dari siswa SMK Darul Ulum Kepuhdoko kelas X TKR 2. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Subjek AEK dan I mampu memenuhi enam indikator kemampuan berpikir kritis pada soal matriks tipe HOTS yaitu focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview (FRISCO). Subjek AEK mampu memaksimalkan hasil dari pengerjaan soal tes kemampuan berpikir kritis siswa untuk semua indikatornya sehingga nilai yang didapat juga maksimal sedangkan subjek I kurang maksimal dalam hasil pengerjaannya, terlihat dari kurangnya ketelitian dalam menjawab soal sehingga capaian indikator inference, situation dan overview kurang maksimal

Keywords


Pembelajaran, Berpikir Kritis, Higher Order Thinking Skill

Full Text:

PDF

References


. Huda, M. (2019). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka Belajar

. Pertiwi, W. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK SMK PADA MATERI MATRIKS. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 2 (4), 793-801

. Rachmantika, AR, Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 439-443

. Priyadi, R, dkk. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), Vol 6 (1), 53-55

. Fridanianti, A, Purwati, H, Murtianto, YM. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 9 (1), 11-20

. Saraswati, PMS, Agustika, GNS. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol 4 (2), 257-269


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol