Abstract
Kemampuan berpikir kritis sangat berperan dalam suatu kegiatan pembelajaran. Karakteristik dalam berpikir kritis idealnya memiliki beberapa kriteria atau elemen dasar yaitu Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity and Overview atau disingkat FRISCO. Soal HOTS merupakan soal dengan situasi nyata yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dalam permasalahan yang konstektual. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru SMK Darul Ulum Kepuhdoko (Mitra), permasalahan yang dihadapi mitra adalah kemampuan berpikir kritis yang masih rendah dan kurang maksimalnya guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Penelitian ini berusaha menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu menurut perspektif peneliti. Subjek pada penelitian ini adalah 1 siswa dengan kemampuan tinggi dan 1 siswa dengan kemampuan sedang dari siswa SMK Darul Ulum Kepuhdoko kelas X TKR 2. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Subjek AEK dan I mampu memenuhi enam indikator kemampuan berpikir kritis pada soal matriks tipe HOTS yaitu focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview (FRISCO). Subjek AEK mampu memaksimalkan hasil dari pengerjaan soal tes kemampuan berpikir kritis siswa untuk semua indikatornya sehingga nilai yang didapat juga maksimal sedangkan subjek I kurang maksimal dalam hasil pengerjaannya, terlihat dari kurangnya ketelitian dalam menjawab soal sehingga capaian indikator inference, situation dan overview kurang maksimal
Keywords
Pembelajaran, Berpikir Kritis, Higher Order Thinking Skill
References
. Huda, M. (2019). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka Belajar
. Pertiwi, W. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK SMK PADA MATERI MATRIKS. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 2 (4), 793-801
. Rachmantika, AR, Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 439-443
. Priyadi, R, dkk. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), Vol 6 (1), 53-55
. Fridanianti, A, Purwati, H, Murtianto, YM. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 9 (1), 11-20
. Saraswati, PMS, Agustika, GNS. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol 4 (2), 257-269
Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services