stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PURISEMANDING 2 TAHUN AJARAN 2021/2022 | Fajriyah | Prosiding Conference on Research and Community Services

HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PURISEMANDING 2 TAHUN AJARAN 2021/2022

Ita Nur Fajriyah, Ririn Febriyanti

Abstract


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib dipelajari dalam dunia pendidikan. Secara umum, permasalahan yang sering muncul adalah bahwa matematika dianggap sulit oleh siswa. Dari kesulitan yang dialami siswa dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar seorang siswa, salah satunya faktor kepercayaan diri. Kepercayaan diri adalah sikap yakin dan percaya atas kemampuan dirinya sendiri yang akan menjadi modal dasar dalam menghadapi segala hal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Purisemanding 2 Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang berkaitan dengan pengumpulan data untuk menentukan ada atau tidaknya hubungan antara dua variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Purisemanding 2 tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling total. Sampel yang diteliti adalah seluruh bagian dari populasi yaitu 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan angket. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes dengan jenis tes uraian dan angket dengan jenis angket tertutup. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji korelasi product moment.  Hasil penelitian menunjukkan pada perhitungan korelasi product moment diperoleh nilai   hitung = 0,627 dan  0,433, serta perhitugan dengan SPSS diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,002  yang lebih kecil dari nilai signifikan Dapat disimpulkan bahwa  ditolak dan  diterima atau ada hubungan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Purisemanding 2 tahun ajaran 2021/2022.

Keywords


Kepercayaan diri, hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Indonesia: PT Rineka Cipta.

. Agustyaningrum, N.,&Suryatini, S.(2016). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 27 Batam.JIPMat,1(2).

. Husamah, dkk. (2016).Belajar dan Pembelajaran.Malang, Indonesia: Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

. Ismail, I.(2018).Metodologi Penelitian.Makassar, Indonesia: Gunadarma Ilmu.

. Rasadi, D.T.P. (2018). Tingkat Kepercayaan Diri Mahasiswa Berprestasi Belajar Rendah (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018.Skripsi.Yogyakarta, Indonesia: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

. Rozak & Hidayati, W.S.(2019).Pengolahan Data Dengan SPSS.Jombang, Indonesia: Erhaka Utama.

. Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung, Indonesia: CV. Alfabeta.

. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

. Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. (Online), (https://peraturan.bpk.go.id.), diunduh 23 Oktober 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol