stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NILAI MUTLAK BILANGAN KOMPLEKS | Anam | Prosiding Conference on Research and Community Services

ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NILAI MUTLAK BILANGAN KOMPLEKS

Khoirul Anam, Wiwin Sri Hidayati, Abd. Rozak

Abstract


Nilai mutlak bilangan kompleks masih dianggap sebagai materi yang sulit oleh beberapa mahasiswa. Ketika dihadapkan dengan soal masih ditemukan mahasiswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan yang sering muncul adalah kesalahan memahami konsep dan menerapkannya serta kesalahan menyelesaikan soal. Kesalahan yang dialami mahasiswa yang aktif dan yang kurang kurang aktif jelas berbeda. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan mahasiswa yang aktif dan yang kurang aktif dalam perkuliahan ketika menyelesaikan soal nilai mutlak bilangan kompleks. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek 1 mahasiswa yang aktif dan 1 mahasiswa yang kurang aktif di STKIP PGRI Jombang tahun akademik 2021/2022 pada prodi pendidikan matematika. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Langkah-langkah dalam analisis data meliputi mereduksi data, pemaparan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Kesalahan mahasiswa yang nampak aktif terjadi karena kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Kesalahan itu meliputi kesalahan menentukan rumus dan kesalahan dalam melakukan perhitungan sehingga terjadi kesalahan dalam membuat kesimpulan jawaban soal. Kesalahan mahasiswa yang nampak kurang aktif terjadi karena belum memahami konsep, belum bisa menerapkan teorema yang telah dipelajari, dan kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Kesalahan itu meliputi kesalahan menentukan rumus, kesalahan menentukan operasi untuk menyelesaikan soal, kesalahan menentukan prosedur untuk menyelesaikan soal, kesalahan menjalankan prosedur untuk menyelesaikan soal, dan tidak membuat kesimpulan jawaban soal. 

Keywords


kesalahan, menyelesaikan soal, nilai mutlak

Full Text:

PDF

References


. Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann’s Error Analysis. Jkpm (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika).

. Komsiyah, Indah. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

. Negara, G. P. J., Noviantari, P. S., & Payadnya, P. A. A. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Kelas X SMA Negeri 6 Denpasar. Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika (MAHASENDIKA), 181–190

. Budi, B. S., & Nusantara, T. 2020. Analisis Kesalahan Newman Siswa dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak dan Scaffolding-nya. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 2599–2600.

. Prakitipong dan Nakamura. 2006. Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Dalam CICE Hiroshima University: Journal of International Cooperation in Education 9, no. 1 (2006): 114

. Asmarani, Asri Devi. 2016. Analisis Kesalahan Siswa di Kelas VII SMP Aloysius Turi Tahun Ajaran 2015/2016 dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Topik Bilangan Bulat Berdasarkan Metode Analisis Newman. Yogyakarta: Skripsi Tidak Diterbitkan.

. Hasanah, Anggini. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Himpunan pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Al-Washliyah 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Medan.

. Sugiyono, 2011. Metodologi Penelitian Administrasi. Jakarta: CV. Alfabeta.

. Moleong, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

. Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Http://Jurnal.Uns.Ac.Id/Jpm, 5(2), 173–185


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol