stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS PROSES BERPIKIR ANALOGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL FORMULA EULER PADA MAHASISWA STKIP PGRI JOMBANG | Ngali | Prosiding Conference on Research and Community Services

ANALISIS PROSES BERPIKIR ANALOGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL FORMULA EULER PADA MAHASISWA STKIP PGRI JOMBANG

M. Ngali, Wiwin Sri Hidayati, abd Rozak

Abstract


Novick (dalam bahasa Inggris, 1999: 25) mengatakan penggunaan analogi dalam menyelesaikan masalah matematika melibatkan masalah sumber dan masalah target. Masalah target adalah masalah yang akan diselesaikan dengan mencari persamaan dari masalah sumber. Pemecahan masalah target menggunakan source problem ada tahapan encoding, inferring, mapping dan apply. Tahap ini akan membantu dalam menemukan solusi atau ide baru. Mahasiswa STKIP Semester 6 dipilih sebagai tempat Program Pengalaman Lapangan oleh program pascasarjana matematika dan sekaligus sebagai lokasi penelitian karena mahasiswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam pembelajaran dan sistem pengajaran dosen, mengutamakan kemampuan mahasiswa dalam pemecahan masalah sesuai dengan bidangnya masing-masing. pemahaman dan penalaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkap gejala secara holistik secara kontekstual (secara menyeluruh dan sesuai konteks/sebagaimana adanya) melalui pengumpulan data dari setting alam sebagai sumber langsung dengan instrumen penelitian kunci itu sendiri. Kemampuan berpikir analogi siswa terdiri dari 3 siswa dengan mata pelajaran 1, 2, dan 3. Berpikir analogi, siswa dalam berpikir analogi mampu melalui semua tahapan berpikir yaitu tahap encoding, mampu mengidentifikasi ciri-ciri atau struktur dari masalah, pada tahap inferring mampu menemukan pola dan memecahkan masalah. sumber masalah dengan benar, pada tahap pemetaan mampu menemukan pola dan jawaban atas masalah sasaran (dalam memecahkan masalah sasaran, menggunakan konsep yang sama dengan sumber masalah), dan pada tahap penerapan, mampu memilih jawaban yang tepat dengan rumus yang sesuai

Keywords


Analisis, berpikir analogi, Formula euler’s

Full Text:

PDF

References


. Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 1991.

. English, Lyn D. Mathematical and Analogical Reasoning of Young Learners.Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates. 2004.

. Kariadinata, Rahayu. “Menumbuhkan Daya Nalar ( Power Of Reason ) Siswa Melalui Pembelajaran Analogi Matematika”. Jurnal, Bandung: Program Studi Matematika STKIP Siliwangi. 2012.

. Maftukhatin. Identifikasi Berpikir analogi Analogi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VII-C SMP Negeri 13 Surabaya,. Diakses pada tanggal 06 Desember 2015. Dari situs: http://digilib.uinsby.ac.id/10933/. 2013.

. Masykur, Moch. dkk. Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media. 2009.

. J.Moleong, Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi), Bandung: RemajaRosdakarya, 2009.

. Purwanto Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. Poespoprojo. Logika Scientifika, Bandung: Pustaka Grafika. 1999.

. Rahman, Riski dan Samsul Maarif. Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 2014.

. Setyono. Analogi Sebagai Suatu Ketrampilan Berpikir Kritis. Makalah, Surabaya: IKIP Surabaya. 1996.

. Siswono Tatag Yuli Eko. “Proses Berpikir Analogi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika”. Jurnal, Surabaya: FMIPA UNESA. 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol