stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
EFEK PENERAPAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS PERTANYAAN “PITA” (PRODUKTIF, IMAJINATIF, TERBUKA, DAN ANALISIS) TERHADAP KEMANDIRIAN MAHASISWA | Putra | Prosiding Conference on Research and Community Services

EFEK PENERAPAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS PERTANYAAN “PITA” (PRODUKTIF, IMAJINATIF, TERBUKA, DAN ANALISIS) TERHADAP KEMANDIRIAN MAHASISWA

Riki Apriyandi Putra, Elya Febrita, Diah Anugrah Dipuja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemandirian mahasiswa melalui pemberian lembar kerja mahasiswa berbasis pertanyaan “PITA” (Produktif, Imajinatif, Terbuka, dan Analisis). Penelitian dilakukan di FKIP Universitas Riau (Program Studi PPKn dan Program Studi Biologi). Penelitian dilakukan pada matakuliah Ilmu Lingkungan dan Mitigasi Bencana, selama bulan Maret-April 2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan e-kuesioner (google form) dan pedoman wawancara. E-kuesioner (google form) yang digunakan melalui summative response scale, dengan menggunakan skala Likert yang dimodifikasi dengan 4 pilihan jawaban. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penerapan LKM berbasis pertanyaan “PITA” (Produktif, Imajinatif, Terbuka, dan Analisis) berdampak pada peningkatan kemandirian mahasiswa pada matakuliah Ilmu Lingkungan dan Mitigasi Bencana sebesar 90% (prodi biologi) dan 87% (prodi PPKn). Indikator yang dominan berkembang adalah regulasi diri, sebesar 92% (prodi biologi) dan 90% (prodi PPKn). Peningkatan kemandirian mahasiswa disebabkan adanya panduan pertanyaan yang mampu menstimulus mahasiswa dalam belajar secara mandiri.

Keywords


Lembar kerja mahasiswa berbasis pertanyaan PITA, kemandirian mahasiswa

Full Text:

PDF

References


. Cervone, D., & Pervin, L. A. 2010. Personality psychology. Wiley.

. Gloria, R.Y., Sudarmin, Wiyanto, & Indriyati, D. R. 2017. Formative Assessment with Stages of Understanding by Design ( UbD ) in Improving Habits of Mind. International Journal of Enviromental & Science Education, No. 11, Vol. 10, 2233–2242.

. Gloria, Ria Yulia, Sudarmin, S., Wiyanto, W., & Indriyanti, D. R. 2017. The Analysis of Costa and Kallick’s Habits of Mind on The Students of Prospective Biology Teachers Unnes Science Education Journal, No. 6, Vol. 2, 1627–1634.

. Grahani, F.O. dan Mardiyanti, R. 2019. Self-Regulated Learning (SRL) Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Organisasi. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, No. 17, Vol. 2, 48-53.

. Hizqiyah, I. Y. N., Widodo, A., Sriyati, S., dan Setiawan, W. 2019. The profile of biology teacher’s habits of mind in high school, AIP Conference Proceedings, 2120 (July). https://doi.org/10.1063/1.5115710.

. Laksana, A.P. dan Hadijah, H.S. 2019. Kemandirian Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, No. 4, Vol. 1, 1-7.

. Manuella, B. D., & Mangunsong, F. M. 2018. Enhancing an Underachieving Middle School Studentrs Motivation and Self-Regulation in Learning Mathematics with Self-Regulated Learning Program, Proceedings of the 1st International Conference on Intervention and Applied Psychology (ICIAP 2017), https://doi.org/10.2991/iciap-17.2018.19.

. Maryono dan Budiono, H. 2021. Implementasi Pembelajaran Aktif Program Pintar Tanoto Foundation di Sekolah Mitra LPTK. ELSE (Elementary School Education Journal), No. 5, Vol. 2, 172-184.

. Rakhmawati, I., Priadi, M. A., Yolida, B., dan Marpaung, R. R. 2020. Analysis of Pop-Up Book and Biology Virtual Reality Video toward Students’ Habits of Mind. Journal of Physics: Conference Series, No. 1467, Vol. 1, 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012074.

. Rosdiana, L., Nurita, T., dan Sabtiawan, W. B. 2018. Pengembangan LKM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Calon Guru IPA. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), No. 3, Vol. 1, 27-32.

. Sari, D, S,. dan Wulanda, M, N. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, No. 6, Vol. 1, 20-33.

. Sarihat dan Munastiwi, E. 2021. Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Masa Study From Home. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, No. 5, Vol. 1, 17-35.

. Suhendri, H. dan Mardalena, T. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif, No. 3, Vol. 2, 105-114.

. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

. Tanoto Foundation Program PINTAR. 2018. Modul I Praktik yang Baik.

. Trisianawati, E. dan Darmawan, H. 2018. Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa Berbasis Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. No. 8, Vol. 2, 60–71.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol