stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PERAN KELUARGA DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN SIKAP KEDISIPLINAN PADA REMAJA | Putri | Prosiding Conference on Research and Community Services

PERAN KELUARGA DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN SIKAP KEDISIPLINAN PADA REMAJA

Selvi Mellenia Putri, Agung Kesna Mahatmaharti

Abstract


Peran keluarga sangat diperlukan dalam hal mengasuh, membesarkan dan mendidik anak. Kedisiplinan merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban, adanya pendampingan dari orang tua dalam pembentukan sikap kedisiplinan dapat membuat remaja juga memiliki sikap kemandirian. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peran keluarga dalam menumbuhkembangkan ketaatan terhadap peraturan kepada remaja, (2) untuk mendeskripsikan peran keluarga dalam menumbuhkembangkan kepatuhan terhadap peratuan yang berlaku di masyarakat kepada remaja, (3) untuk mendeskripsikan peran keluarga dalam menumbuhkembangkan keteratuan kepada remaja, (4) untuk mendeskripsikan peran keluarga dalam menumbuhkembangkan ketertiban kepada remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu (1) orang tua memberikan pengarahan kepada remaja agar mematuhi peraturan yang ada dilingkungan sekitar, (2) orang tua mengajarkan atau membimbing remaja agar patuh terhadap peraturan dengan melakukan sebuah pembatasan waktu dalam setiap kegiatan remaja sehari-hari, (3) orang tua memberikan fasilitas belajar dan memotivasi remaja dalam belajar, supaya remaja bisa menjadi lebih semangat dalam belajar, (4) remaja diberikan pengertian pada setiap peraturan yang ada supaya remaja bisa tetib dalam peraturan yang diterapkan.

Keywords


Peran Keluarga, Sikap Kedisiplinan, Remaja

Full Text:

PDF

References


. Triwiyanto. 2017. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

. Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

. Septanti. 2015. Peranan Keluarga Dalam Proses Penanaman Kedisiplinan Terhadap Remaja Di Dusun Krajan, Desa Gembong, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan Tahun 2015. (Online), (http://e-journal.unipma.ac.id/), diakses 04 Oktober 2021.

. Samsudin. 2019. Pentingnya peran orangtua dalam membentuk kepribadian anak. (Online), (https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/), diakses 22 Maret 2022.

. Kusuma. 2014. Perbedaan masalah mental emosional pada remaja. (Online), (http://eprints.undip.ac.id), diakses 22 Maret 2022.

. Sabri. 2017. Peranan Keluarga dalam Menanamkan Sikap Disiplin Anak Pada Usia Remaja Di Desa Lawe Gerger Kecamatan Ketambe Kabupaten Aceh Tenggara. (Online), (http://repository.umsu.ac.id/), diakses 04 Oktober 2021.

. Agustinawati. 2019. Peranan Orang Tua Dalam Menanamkan Sikap Kedisiplinan Pada Anak Usia Remaja Di Dusun VI Alur Dagang Desa Harapan Baru Kecamatan Sei Lepan. (Online), (https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/), diakses 27 Desember 2021.

. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. Brata. 2020. The implementation of Problem Based Learning (PBL) to develop student’s soft-skills. (Online), (https://iopscience.iop.org/) diakses 15 Agustus 2022.

. Martsiswati, dkk. 2014. Peran orang tua dan pendidik dalam menerapkan perilaku disiplin terhadap anak. (Online), (https://journal.uny.ac.id), diakses pada 04 Juli 2022.

. Rohmah, 2016. Peran pola asuh orang tua dalam menanamkan disiplin. (Online), (http://conference.uinsuka.ac.id), diakses pada 04 Juli 2022

. Fajrin. 2014. Studi Deskriptif Pemahaman Kedisiplinan Dalam Mentaati Tata Tertib Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Mandiraja Tahun Ajaran 2012/2013. (Online), (http://lib.unnes.ac.id/), diakses pada 04 Juli 2022.

. Harianti. 2016. Pola Asuh Orangtua Dan Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. (Online), (http://ejournal.lldikti10.id/), diakses pada 04 Juli 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol