PENJADWALAN MATA PELAJARAN DENGAN APLIKASI BERBASIS WEB BERDASARKAN ALGORITMA WELCH POWELL di MTsN 1 JOMBANG

Sri Wahyuni Amilah, Safiil Maarif

Abstract


Penjadwalan merupakan suatu proses pengorganisasian untuk mengalokasikan waktu, tenaga dan tempat suatu kegiatan akan dilakukan. Penjadwalan mata pelajaran disekolah selalu dipengaruhi oleh banyak pertimbangan. Peneliti menerapkan pewarnaan simpul pada graph menggunakan Algoritma Welch Powell dalam mengatasi masalah penjadwalan mata pelajaran. Vertex atau titik menunjukkan pasangan guru, mata pelajaran dan waktu. Sisi yang menghubungkan antar verteks menunjukkan guru pada waktu yang sama dengan guru lain yang memiliki verteks bertetangga dengannya. Untuk verteks yang bertetangga (waktu/ jam mengajar guru yang sama) diberi warna berbeda satu sama lain. Algoritma ini menghasilkan jadwal mata pelajaran yang tidak bentrok satu sama lain artinya pada hari yang sama, pada jam yang sama, dan kelas yang berbeda tidak ada warna yang sama. Pada penelitian ini dihasilkan suatu aplikasi Penjadwalan Mata Pelajaran berbasis web berdasarkan Algoritma Welch Powell menggunakan pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) yang memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan penjadwalan mata pelajaran tanpa adanya jadwal yang bentrok satu sama lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dibuat masih terbatas pada pemenuhan jam pembelajaran guru disetiap kelas oleh guru yang berbeda dan guru yang sama tidak mengajar dikelas lain pada jam yang sama. Aplikasi yang dibuat belum menjamin setiap mata pelajaran disetiap kelas sesuai distribusi jam mata pelajaran.

Keywords


Pewarnaan titik, Algoritma Welch-Powell, Penjadwalan, PHP (Hypertext Preprocessor)

Full Text:

PDF

References


Budayasa, I. K. (2007). Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya: Unesa UniversityPress.

Daniel, F., & Taneo, P. N. (2019). Teori Graph. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Handayani, D., Rosely, E., & Mayadewi, R. P. (2016). Penerapan Algoritma Welch Powell dengan Pewarnaan Graph pada Penjadwalan Mata Pelajaran SMA. Penerapan Algoritma Welch Powell dengan Pewarnaan Graph pada Penjadwalan Mata Pelajaran SMA.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.