stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATERI BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA DOUBLE “P” DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING | Darihastining | Prosiding Conference on Research and Community Services

PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATERI BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA DOUBLE “P” DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

Susi Darihastining, Mu’alifah ., Nur Hanifah

Abstract


Penelitian dengan peningkatan kompetensi siswa melalui media double “P” dalam pembelajaran blended learning pada materi Bahasa Indonesia berdasarkan pengamatan dan data saat pengumpulan informasi permasalahan dikelas. Media dan variannya berpengaruh pada proses pembelajarannya dengan perkembangan digital, adanya keterbatasan dan kurangnya varian harus diobati dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Blended learning selama masa pandemi sangat sesuai dengan stategi dan model pembelajaran. Media pembelajaran menggunakan double “P” yaitu dengan menggabungkan dua media yang digunakan peneliti bookled dan E-Pub dapat membantu peserta didik dalam memahami materi karena media yang digunakan menarik dan mudah dipahami. Tujuan penelitian, yaitu meningkatkan kompetensi siswa dan mengidentifikasi efektivitas penerapan proses dan peningkatan kompetensi siswa pada materi Bahasa Indonesia melalui Media Double “P” dalam pembelajaran Blended Learning di Sekolah MI Al Hilal Balongombo. Daya efektivitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengajar dan siswa dalam pembelajaran di sekolah dan peningkatan secara berkala dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model desain Kemist &Taggrad (1988). Subjek penelitian siswa kelas dua dan kelas enam di sekolah MI Al Hilal Balongombo. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 ketuntasan belajar naik menjadi 95%. Prosentase ini menjukkan kenaikan sebesar 75% dibanding hasil belajar pada saat pretest. Rata-rata nilai kelas juga meningkat dari 64.75, menjadi 80.5. Siklus 2 ketuntasan belajar naik menjadi 100%. Prosentase ini menunjukan kenaikan sebesar 5% dibanding hasil belajar pada saat siklus 1. Rata-rata nilai kelas juga meningkat dari 80.5 menjadi 86. Kualitas keterampilan siswa dalam melisankan puisi mengalami peningkatan dengan indikator pelafalan, intonasi, dan mimik yang memenuhi aspek penilaian. Melalui media Booklet secara luring dan media E-PUB secara daring dalam mempublikasikan hasil kreativitas siswa dalam melisankan puisi.

Keywords


double “P, blended learning, E-PuB, efektivitas, media, PTK

Full Text:

PDF

References


Husama. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Raya

Wasis D. Dwiyogo.2018. Pembelajaran Berbasis Blanded Learning. Depok: Rajawali Pers.

Pribadi, A. Banny. 2017. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Balebat Dedikasi Prima.

Winarni. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatan: Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Septiwiharti, L. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Booklet Sejarah Indonesia PadaMateri Pertempuran Lima Hari Di Semarang Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semarang. (Skripsi). Semarang: Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Darihastining, S.dkk. 2020. Menyimak Kritis dengan Bahan Ajar E-PUB Responsif Budaya Lokal di Era Disrupsi. Penerbit Gambang Buku Budaya. Sleman –Yogyakarta.

Mintarti. 2001. Efektivitas Buklet Makjan Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Perilaku Berusaha Bagi Pedagang Makanan Jajanan (Kasus di Kabupaten Cianjur), Tesis, Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

Herawati, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Bayu Media, Malang.

Kemmis, S., Mc Taggart. 1988. The Action Research Planner. Deakin Univercity Press, Australia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol