PENGARUH GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Faridatul Masruroh, Tri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa MAN 3 Jombang kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Satu kelas yang terdiri atas 23 siswa dipilih secara purposive sampling untuk sampel penelitian. Sebanyak 12 siswa memiliki gaya kognitif field dependent (FD), sedangkan 11 siswa lainnya memiliki gaya kognitif field independent (FI). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu GEFT dan Tes. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji regresi sederhana. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah gaya kognitif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa MAN 3 Jombang kelas XI melalui hubungan linear  

Keywords


Pengaruh, gaya kognitif , hasil belajar

Full Text:

PDF

References


. Depdiknas, 2006, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kompetensi Dasar Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliah (MA), Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbangdiknas, Jakarta.

. Dyani Primaningsih, D, 2020, Penerapan U-Mat dan Jam Trigonometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa, Must: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, Vol 5, No 1, Juli 2020, Hal 1-11.

. Mailili, Wahyuni H., 2018, Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent, Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol 1, No 1, April 2018, p-ISSN: 2615-4196, e-ISSN: 2615-4072.

. Jainuddin, Soma, S.S., Sirajuddin, 2020, Pengaruh Minat dan Kedisiplinan Siswa dengan Gaya Kognitif Field Indefendent terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Farmasi Yamasi Makassar, Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 9, No 2, 2020.

. Argarini, dkk., 2014, Karakteristik Berpikir Kreatif siswa Kelas VII SMPN 1 Kragan dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika Materi Perbandingan Ditinjau dari Gaya Kognitif, JMEE, Vol 4, No 2, halaman 1-12, Desember 2014.

. Komarudin, dkk., 2014, Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pengajuan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pembelajaran 2012/2013), Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol 2, No 1, halaman 29-43, Maret 2014.

. Ariawan, R., dan Nufus, H., 2017, Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Mata Kuliah Kalkulus 1 ditinjau berdasarkan Gaya Kognitif, Suska Journal of Mathematics Education, (p-ISSN: 2477-4758|e-ISSN: 2540-9670), Vol 3, No 2, 2017, Hal. 102 – 110

. Fikrati, A.N. dan Masruroh, F., 2022, Hubungan Gaya Kognitif terhadap Keterampilan Spasial Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang, Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, Volume 28, Nomor 1, April 2022.

. Ikhlas, A., 2028, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP, Jurnal Curricula, Vol 3, No 1, 2018.

. Marlissa, I. dan Widjajanti, D.B., 2015, Pengaruh Strategi React Ditinjau dari Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Prestasi Belajar dan Apresiasi Siswa terhadap Matematika, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 2, November 2015, (186 - 196).

. Shepa, J. dan Uskenat, K., 2021, Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Magnetic: Research Journal of Physics and It’s Application, Volume 1, No 1, Maret 2021.

. Nuralam, 2014, Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Matematika, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 16, No 2, Agustus 2014.

. Rukhmana, T., 2019, Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry dan Gaya Kognitif Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 6 Kerinci. Ensiklopedia of Journal, Vol 1, No 3, Edisi 2, April 2019.

. Saputri, D., 2018, Pengaruh Gaya Kognitif dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, Vol 1, No 2, April 2018, pp. 165-171.

. Nurmutia, H.E., 2019, Pengaruh Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, EDUMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 2, November 2019.

. Murtafiah dan Amin, N., 2018, Pengaruh Gaya Kognitif dan Gender terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, JPPM, Vol 11, No 1, 2018.

. Wulandari, I.G.A.A. dan Agustika, G.N.S., 2018, Pengaruh Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Matematika pada Mahasiswa Semester IV Jurusan PGSD UPP Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 2, Number 1, Tahun 2018, pp. 94-98.

. Yusnidah, T., 2021, Pengaruh Media Pembelajaran Visual dan Audiovisual serta Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Siswa, JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol 4, No 4, November 2021, hal: 329-426.

. Baiduri, 2015, Gaya Kognitif dan Hasil Belajar Matematika Siswa Field Dependence-Independence, Jurnal Aksioma, 6(1):64-72

. Ulum, M., 2018, Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Statistika Berbasis Lesson Study For Learning Community Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Skripsi. Jember: Program Studi Pendidikan Matematika

Universitas Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.