EFEKTIVITAS MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AL-MUJAHID PAGERWOJO

Mindaudah ., Tri Fita Handayani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil keterampilan menulis huruf pada anak usia dini di Kelompok Bermain Al-Mujahid Pagerwojo. Hal ini disebabkan karena kurangnya motivasi dari pendidik untuk anak-anak, selain itu pendidik hanya menggunakan buku dan tidak menggunakan media, sehingga anak-anak kurang tertarik pada pembelajaran menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media flash card dalam meningkatan keterampilan menulis huruf pada anak usia dini di Kelompok Bermain Al-Mujahid Pagerwojo. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan angket. Objek pada penelitian ini adalah anak usia dini dari Kelompok Bermain Al-Mujahid yang berjumlah 25 anak. Efektivitas media flash card dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf dilihat dari hasil observasi, yaitu peserta didik menjadi lebih semangat dan lebih mudah dalam menulis huruf. Hasil peningkatan ini dapat dilihat dari rata-rata pada siklus I dengan rata-rata 64.04, dan pada siklus II, mengalami peningkatan dengan rata-rata 79.64. Hal ini menunjukkan bahwa media flash card efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf pada anak usia dini.

Keywords


Keterampilan Menulis Huruf, Anak Usia Dini, Flash Card

Full Text:

PDF

References


. Wijana, Widarmi. (2019). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Tangerang: Universitas Terbuka

. Zaman dan Hernawan. (2020). Media dan Sumber Belajar PAUD. Tangerang: PT Mancananjaya Cemerlang, Universitas Terbuka

. Rizky, Amalia. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Huruf Pada Anak Kelompok B Melalui Metode demonstrasi di TK PGRI Bhakti Lestari Pakusari Jember. Skripsi. Jember: Universitas Negeri Jember

. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Online), (https://kbbi.web.id/tulis) diunduh 10 Desember 2021

. Kurnia dan Solfiah. (2018). Pengaruh Media Pensil Karakter Animasi Upin-Ipin Terhadap Kemampuan Menulis Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12 (2). (Online). (http://journal.unj.ac.id), diunduh 11 Desember 2021

. Wassid dan Dadang. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

. Dhieni, Nurbiana. (2020). Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang: Universitas Terbuka

. Arikunto, Suharsimi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

. Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.