EFEKTIVITAS MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AL-MUJAHID PAGERWOJO
Mindaudah ., Tri Fita Handayani
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil keterampilan menulis huruf pada anak usia dini di Kelompok Bermain Al-Mujahid Pagerwojo. Hal ini disebabkan karena kurangnya motivasi dari pendidik untuk anak-anak, selain itu pendidik hanya menggunakan buku dan tidak menggunakan media, sehingga anak-anak kurang tertarik pada pembelajaran menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media flash card dalam meningkatan keterampilan menulis huruf pada anak usia dini di Kelompok Bermain Al-Mujahid Pagerwojo. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan angket. Objek pada penelitian ini adalah anak usia dini dari Kelompok Bermain Al-Mujahid yang berjumlah 25 anak. Efektivitas media flash card dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf dilihat dari hasil observasi, yaitu peserta didik menjadi lebih semangat dan lebih mudah dalam menulis huruf. Hasil peningkatan ini dapat dilihat dari rata-rata pada siklus I dengan rata-rata 64.04, dan pada siklus II, mengalami peningkatan dengan rata-rata 79.64. Hal ini menunjukkan bahwa media flash card efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf pada anak usia dini.
Keywords
Keterampilan Menulis Huruf, Anak Usia Dini, Flash Card
. Wijana, Widarmi. (2019). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Tangerang: Universitas Terbuka
. Zaman dan Hernawan. (2020). Media dan Sumber Belajar PAUD. Tangerang: PT Mancananjaya Cemerlang, Universitas Terbuka
. Rizky, Amalia. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Huruf Pada Anak Kelompok B Melalui Metode demonstrasi di TK PGRI Bhakti Lestari Pakusari Jember. Skripsi. Jember: Universitas Negeri Jember
. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Online), (https://kbbi.web.id/tulis) diunduh 10 Desember 2021
. Kurnia dan Solfiah. (2018). Pengaruh Media Pensil Karakter Animasi Upin-Ipin Terhadap Kemampuan Menulis Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12 (2). (Online). (http://journal.unj.ac.id), diunduh 11 Desember 2021