ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FUNGSI VARIABEL KOMPLEKS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Tri Wahyuni, Wiwin Sri Hidayati, Abd. Rozak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah fungsi trigonometri variabel kompleks dengan gaya kognitif field independent dan field dependent mahasiswa semester 6 di STKIP PGRI Jombang. Subjek penelitian adalah 2 mahasiswa yang dipilih berdasarkan hasil tes GEFT yaitu 1 mahasiswa bergaya kognitif field independent dan 1 mahasiswa bergaya kognitif field dependent. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan tes GEFT (Group Embedded Figure Test) untuk mengetahui gaya kognitif mahasiswa, tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan Teori Jhon Dewey dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yaitu meliputi (1) reduksi data, (2) tahap penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan serta digunakan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) subjek dengan gaya kognitif field independent memiliki kemampuan pemecahan masalah dalam menghadapi masalah (Confront Problem), pendefinisian masalah (Define Problem), perumusan (Formulation), mencobakan (Test) dan evaluasi (Evaliation) dengan kategori baik (2) subjek dengan gaya kognitif field dependent memiliki kemampuan pemecahan masalah dalam menghadapi masalah (Confront Problem), pendefinisian masalah (Define Problem), perumusan (Formulation), mencobakan (Test) dan evaluasi (Evaluation) dengan kategori cukup.
Keywords
Fungsi Trigonometri, Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif
. Aini, KN. 2017, Proses Berfikir Mahasiswa FKIP UNISDA dalam Memecahkan Masalah Peluang Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent Berasarkan Langkah Polya, Vol. 1, No.1, Prosiding SI MaNIs, Lamongan.
. Carson, J. 2007. A Problem With Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge. The Mathematics Educator, 17(2): 7-14.
. Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional.
. Istiqomah, N. & E.B. Rahaju. 2014. Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika
Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2): 144-149
. Ngilawajan, A.D. 2013. Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Pedagogia, 2(1): 71-83.
. Synthia, H.H. 2016, Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, Semarang.
. Witkin, H.A., C.A. Moore, D.R. Goodenough, & P.W. Cox. 1977. FieldDependent and Field-Independent Cognitive Style and Their Educational Implications. Review of Educational Reaserch, 47(1): 1-64
Refbacks
There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services
Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)
Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia
Currently,Prosiding Conference on Research and Community Servicesis indexed by: