PENGARUH METODE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA BERBANTUAN GALAKSI MATIK

Agustina ., Carina Rizky Aprilia, Luthfi Bariroh, Hartia Novianti

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting untuk menentukan maju mundurnya suatu bangsa. Oleh karena itu, pendidikan tidak dapat dipisahkan dari belajar. Belajar adalah suatu proses aktivitas mental yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang bersifat positif dan menetap melalui latihan atau pengalaman yang menyangkut aspek kepribadian baik secara fisik ataupun psikis. Guru harus mampu menciptakan kegiatan pembelajaran untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Agar pembelajaran lebih efektif, guru perlu menyajikan materi dengan menciptakan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep. Salah satu model yang dapat menyesuaikan kebutuhan tersebut adalah model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Model pembelajaran ini diterapkan dengan bantuan media pembelajaran galaksi matik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar matematika siswa berbantuan galaksi matik di MTs Negeri 1 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen melalui pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh kelas IX MTs Negeri 1 Jombang tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari kelas IX-A, IX-B, IX-C, IX-D, IX-E, IX-F, IX-G, dan IX-H. Dengan teknik pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling, terpilih sampel untuk kelas kontrol yaitu kelas IX A dan sampel untuk kelas eksperimen yaitu kelas IX B, dengan jumlah total sampel sebanyak 64 siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa (posttest). Analisis data menggunakan uji-t dua sampel bebas. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian menggunakan Microsoft Excel versi 2021, uji-t dua sampel bebas menunjukan bahwa taraf signifikansi 5% ( , dengan nilai thitung sebesar 4,179 dan ttabel sebesar 1,998 maka   sehingga  ditolak. Sehingga, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media pembelajaran di MTs Negeri 1 Jombang

Keywords


Model Pembelajaran Team Games Tournament, Hasil Belajar, Galaksi Matik.

Full Text:

PDF

References


. Khonila. (2021). Tingkat Pendidikan Generasi Muda Indonesia Masih Rendah. https://yoursay.suara.com/kolom/2021/06/13/220500/tingkat-pendidikan-generasi-muda-indonesia-masih-rendah

. Hamalik, O. (2004). Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan System.

. Shoimin, A. (2014). 68 MODEL PEBELAJARAN INOVATIF DALAM KURIKULU 2013 (Rose KR (ed.); 1st ed.). AR RUZZ MEDIA.Sembel, R. S. (2019). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. 09(02), 1–30. https://www.coursehero.com/file/52663366/BELAJAR-DAN-PEMBELAJARAN1-convertedpdf/

. Shoimin, A. (2014). 68 MODEL PEBELAJARAN INOVATIF DALAM KURIKULU 2013 (Rose KR (ed.); 1st ed.). AR RUZZ MEDIA.

. Ekawarna. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

. Aji, D., & Hartiningrum, E. S. N. (2019). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Conference on Research and Community …, 961–967.

. Zarkasyi, W. (2017). PENELITIAN PENDIDIKAN ATEATIKA. PT Refika Aditama.

. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV (Issue April).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.