stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PERAN RUBATH KOPI JOMBANG DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING KOPI EXCELSA DI PASAR EKSPOR | Rahmawati | Prosiding Conference on Research and Community Services

PERAN RUBATH KOPI JOMBANG DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING KOPI EXCELSA DI PASAR EKSPOR

Vivi Rahmawati, Diah Dinaloni, Intan Sudarwatik

Abstract


Kegiatan ekspor menjadi semakin penting karena merupakan salah satu penggerak perekonomian suatu negara.. Kopi sebagai salah satu komoditas perkebunan yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan salah satu komoditas penyumbang sumber devisa negara terbesar, juga merupakan sumber penghasilan bagi petani kopi di Indonesia. Hal ini menjadikan pemerintah Kabupaten Jombang juga mengembangkan kopi sebagai salah satu komoditas dan produk unggulan daerah.. Akan tetapi berdasarkan wawancara didapatkan hasil: (1)  Harga biji kopi mentah jenis excelsa di tingkat lokal lebih murah dibandingkan dengan jenis kopi lainnya; (2) Sistem budidaya belum insentif dan tersebar, dan (3) Belum semua petani menjalankan SOP. Hal inilah yang mendorong pemuda di Desa Wonosalam untuk menekuni bisnis kopi yang kemudian dinamakan dengan Rubath Kopi Jombang. Penelitian  ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Rubath Kopi Jombang dalam meningkatkan daya saing kopi excelsa di pasar ekspor.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berlokasi di Dusun Sumber Desa Wonosalam, Jombang. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Subjek penelitian adalah pembina dan direktur Rubath Kopi Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rubath Kopi Jombang bekerja sama dengan Wojo Kopi sebagai penyuplai biji kopi serta melibatkan pihak keluarga untuk berbagi tugas mulai dari pengelolaan kebun, panen hingga pengolahan kopi pasca panen, sehingga mampu mendongkrak harga kopi excelsa dari Rp 30.000 per kg bisa menjadi Rp 75.000 per kg; (2) Mampu meningkatkan omzet penjualan dengan menghasilkan empat varian bubuk kopi; dan (3) Mengekspor biji kopi mentah ke Malaysia, Cina dan Arab Saudi; dan (4) merencanakan bisnis lain diantaranya. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Rubath Kopi Jombang berperan dalam meningkatkan daya saing kopi excelsa di pasar ekspor

Keywords


Daya saing kopi, pasar ekspor

Full Text:

PDF

References


. Rahardjo, P. 2012. Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi. Jakarta: Penebar Swadaya

. Bappeda Kab. Jombang. 2010. Implementasi Rencana Induk Pengembangan Kawasan Agropolitan pada Satuan Kawasan Pengembangan Pertanian I (SKPP I) I) dalam Rangka Mewujudkan Pembangunan Pertanian Terpadu Berbasis Rencana Tata Ruang. Jombang (ID): Bappeda Kabupaten Jombang.

. International Coffee Organization. 2021. Coffee Market Report. May 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol